Berburu Kuliner Unik di Pasar Tradisional Tertua di kota Solo

29 September 2022, 20:22 WIB

Hariankota.com – Mau kulineran unik dan khas di kota Solo, datang saja ke Pasar Gede di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Solo. Ini yang merupakan pasar tertua di Kota Solo. Keberadaannya telah ada sejak tahun tahun 1927, ketika masa pemerintahan Pakubuwono X.

Pasar Gede mulanya menjadi tempat perekonomian utama di Kota Solo. Banyak penjual yang menjajakan makanan tradisional khas Kota Solo hingga saat ini. Berikut rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba di Pasar Gede:

Nasi Liwet Bu Sri

Jika berkunjung ke Kota Solo, kamu akan menemukan deretan penjual nasi liwet. Makanan ini merupakan salah satu makanan asli Kota Solo. Bahkan telah dinobatkan sebagai ikon kuliner Kota Solo pada Juli 2022 silam. Di kompleks Pasar Gede kamu juga bisa menemukan nasi liwet Bu Sri yang namanya cukup terkenal. Lokasinya berada di deretan lapak penjual buah, dan menempati posisi paling sudut.

Es dawet telasih Bu Dermi

Perpaduan santan kelapa yang gurih dan gula merah yang manis akan terasa nikmat jika disantap saat siang hari. Yang menarik dari minuman ini adalah penambahan telasih. Karena biasanya dawet tidak diberi telasih, melainkan hanya cendol saja. Kuliner yang satu ini tak asing lagi bagi wisatawan. Hampir semua pengunjung yang berasal dari luar Solo pasti mencicipinya. Maka tak heran jika ingin membeli es dawet telasih Bu Dermi ini harus rela antre. 

Tahok

Ini merupakan makanan Tionghoa yang dibawa ke Solo. Berbahan dasar kembang tahu, tahok disajikan bersama kuah air jahe yang manis. Ketika dimakan, tekstur tahok yang lembut akan lumer di mulut. Bahkan, makanan ini menimbulkan efek hangat di badan, yang juga cocok dikonsumsi saat masuk angin.

Lenjongan dan brambang asem

Makanan yang terdiri dari berbagai macam jajanan pasar, antara lain ketan item, tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp5.000,00 (lima ribu rupiah) saja, kamu sudah bisa membawa pulang satu bungkus lenjongan. Di tempat yang sama juga tersedia brambang asem, yakni berupa daun ketela yang direbus dan disiram saus rasa asam manis kemudian disantap bersama tempe gembus bacem.

Ayam goreng Pak Ali

Makanan yang satu ini juga menjadi andalan oleh-oleh ketika menjelajah Pasar Gede. Ada dua versi ayam goreng yang bisa dibawa pulang, yaitu goreng matang dan goreng setengah matang. Menariknya ayam goreng ini dibungkus menggunakan daun pisang dan besek. Aroma dan rasa yang dihasilkan pun lebih autentik dan lezat.

Itulah beberapa kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Pasar Gede. Masih banyak lagi kuliner enak di Solo yang harus kamu coba.

Berita Terkait