Video Viral Siswi Banyak Kutu, SDN 01 Sewurejo Karanganya Gelar Keramas Massal

2 September 2022, 13:17 WIB

Hariankota.com – Kampanyekan gerakan hidup sehat, puluahan siswa di SDN 01 Sewurejo,   MojogedangKaranganyar, mengikuti keramas massal di sekolah setempat, Jumat (2/9). 

Kepala Sekolah 01 Sewurejo, Sudarsi sampaikan kegiatan keramas massal dilakukan di lingkungan sekolah. Tujuannya untuk mengajarkan siswa khususnya siswa putri untuk merawat rambut dengan rajin keramas. 

Kegiatan yang diikuti 84 siswa di semua tingkat (I-VI) dilakukan untuk membasmi kutu rambut yang mungkin ada pada siswa. Mereka ada yang keramas sendiri ada juga yang dibantu para guru. 

“Khan mayoritas siswi disini berhijab. Dan biasanya anak-anak kecil itu agak susah jika disuruh keramas,” jelasnya, Jumat (2/9) siang. 

Aksi keramas massal ini selain untuk menjaga kesehatan rambut juga untuk membasmi kutu rambut. Pasalnya jika sudah ada satu yang terkena kutu rambut pasti akan menular ke lainnya. 

Sebelumnya, SDN 01 Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar viral di media sosial yang merekam kegiatan guru yang sedang menyisir rambut salah satu siswa perempuan yang penuh kutu rambut viral di media sosial. 

Guru tersebut adalah Zera Ayu Fatmawati yang mengunggah aktivitasnya di akun TikTok pribadinya @zeraazahra pada Selasa (30/8). 

Kepada awak media, Zera mengaku penasaran karena siswi berinisial T itu terlihat tidak tenang dan terus menggaruk-garuk kepalanya yang tertutup hijab. 

Saat di didekati ternyata sang guru melihat ada kutu yang berjatuhan dari rambut dan menempel di baju. Kemudian para guru berinisitif untuk membersihkan kutu tersebut. 

“Sempat dipotong rambutnya untuk memudahkan membersihkan kutu tersebut,” imbuhnya.      

Unggahan di tiktok tersebut diretweet akun artis Baim Wong dan diberitakan di akun Instagram Lambe Turah. Hari ini Baim Wong dijadwalkan mengunjungi sekolah untuk menemui siswa dan guru yang memviralkannya. 

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait