Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Ingatkan Waspadai Cuaca Ekstrim

7 Oktober 2022, 17:04 WIB

Hariankota.com – Kewsapadaan terjadap perubahan cuaca ekstrem yang belakangan terjadi terus ditingkatkan. Dikhawatirkan perubahan cuaca tersebut dapat mengakibatkan bencana, seperti banjir bandang di beberapa tempat.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dihadapan ribuan orang relawan penanggulangan bencana yang mengikuti Jambore Nasional Relawan secara virtual, Kamis (6/10/2022) malam, dikutip dari laman pemprov Jateng.

Menurutnya terjadinya banjir bandang di beberapa tempat di Indonesia menjadi peringatan, tapi untuk benar-benar siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Bencana banjir bandang di beberapa tempat, ini peringatan buat kita. Sekali lagi ini peringatan buat kita, pentinya melakukan kesiapsiagaan bencana,” terangnya.

Sehingga diperlukan peningkatan ketrampilan dari para relawan, agar mampu bergerak cepat jika terjadi bencana, seperti penyelenggaraan jambore tersebut.

“Berbagi pengalaman ini sebenarnya bentuk saling menguatkan. Makanya, kegiatan jambore yang digelar di Rembang ini menunjukkan, ya kita siap siaga, ketrampilannya di update,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, apresiasi dan motivasi disampaikan kepada para relawan, yang telah mengabdikan diri membantu masyarakat yang terkena bencana.

Berita Terkait