Kunjungi Kampung Batik Kauman, Ganjar Terpesona Batik Kuno

1 Oktober 2022, 23:45 WIB

Hariankota.com – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Kampung Wisata Kauman, Sabtu (1/10).

Kunjungan tersebut dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober besuk. Menyambut Hari Batik, Kampung Batik Kauman menggelar kegiatan Pameran 1000 Motif Batik Kuno dan Kekinian.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming mengatakan misi memperkenalkan batik ke anak muda merupakan hal yang digaungkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

“Memperingati Hari Batik  Pemerintah kota, swasta, perusahaan batik yang sudah lama, ini juga mengadakan event batik serentak. Yang paling penting adalah keterlibatan anak muda. Pokoknya diramaikan semua,” ungkap Gibran.

Sementara itu Gubernur Ganjar memberikan apresiasi atas inisiasi warga Kampung Kauman yang mempu menarik wisatawan melalui kampung batik disertai wisata kuliner.

“Ini akan menjadi destinasi yang wow dan anak-anak ternyata makin tahu apa itu batik dan bagaimana kemudian corak-corak itu diterapkan di berbagai media termasuk tadi kue. (Kafe) macam sajian, ada kopi, Ini menarik, wisatawan akan berbondong-bondong nanti datang ke sini,” papar Ganjar.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan pameran 1000an motif batik yang dibuat dan dijual belikan di Kampung Batik Kauman. Ia menilai ini bisa  menjadi daya tarik tersendiri. Sebab sebagian motif itu telah berusia puluhan tahun yang perlu diperkenalkan dan dijaga.

“Melalui pameran ini, bisa mengingat kejayaan batik pada masa-masa silam, hari ini masih bisa kita lihat. Ini menarik di depan saya ini adik-adik mahasiswa dari luar Jawa mereka belajar batik pasti ada experience,” pungkasnya.

Berita Terkait