Buka E-Sports di Solo, Ganjar: Banyak Anak Bertalenta Hebat

26 November 2022, 13:41 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membuka pertandingan E-Sports Jawa Tengah 2022 di pendopo Balai Kota Solo, Sabtu (26/11/2022).

Dalam sambutanya Ganjar sampaikan perkembangan e-sports sangat pesar dan sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia termasuk di Jawa Tengah.

“Saya terima kasih pada pengurus e-sports Jawa Tengah, saat ini dari berbagai daerah banyak anak-anak kita yang punya talenta hebat,” jelas Ganjar, Sabtu (26/11).

Ditambahkan Ganjar, semakin banyak kompetisi E-Sport yang digelar, semakin banyak bibit atlet potensial yang dihasilkan. Jika dibina dengan benar mereka bisa membawa nama baik untuk Jawa Tengah.

“Jika biasanya game hanya dimainkan anak-anak di perkotaan, saat ini sudah merambah ke berbagai daerah. Bahkan beberapa atlet E-Sport bermunculan, an salah satunya dari kota Solo,” tuturnya .

Ketua Harian Indonesia E-Sports Association (IESPA) Jateng, Zinedine Alam Ganjar, menambahlan bahwa Kejurda E-Sports ini digelar sekalugus untuk mencari bibit baru di olahraga baru inu.

“Diikuti sekitar 400-an lebih peserta perwakilan dari 35 kabupaten/kota,” terangnya.

Nantinya para pemenang dari 5 cabang pertandingan yakni Mobile Legend, Pubg Mobile, Free Fire, Soccer Ball, dan Loka Pala akan dikirim sebagai wakil Jateng pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 di Aceh.

Ada lima cabang game yang dipertandingkan. Ini sesuai dengan cabang yang akan dipertandingkan dalam PON di Aceh dan Sumatera Utara 2024 mendatang,” lanjutnya.

Diketahui kualifikasi e-sports di Solo ini mulai dilaksanakan 23-24 November, kemudian offline 26-27 November 2022 di pendopo Balai Kota Surakarta.

Berita Terkait