Unik, Sate Klathak Khas Yogya Buruan Wisatawan

15 Desember 2022, 22:53 WIB

HARIANKOTA.COM – Kota Yogyakarta selain dikenal sebagai kota Budaya juga memiliki beragam kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Selain Gudeg Yogya, Bakpia pathok ada kuliner khas yang menjadi buruan wisatawan saat berlibur ke kota Yogyakarta.

Menu tersebut adalah Sate Klathak. Sate klathak merupakan sate kambing khas Yogyakarta yang diolah dengan cara dibakar menggunakan besi dan dengan menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana. 

Daging yang digunakan pun menggunakan daging kambing muda. Nah, nama sate klathak diambil dari proses pembuatannya, yaitu dari bunyi yang muncul saat daging kambing muda yang ditaburi garam saat dalam proses pembakaran.

Salah satu sate klathak yang tak pernah sepi pengunjung adalah Sate Klathak Pak Jede. Yang berada di tengah Kota Yogyakarta. Sate Klathak Pak Jede terletak di Jalan Nologaten No.46, Nologaten, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Sate Klathak Pak Jede memiliki keunikannya sendiri, Jika biasanya sate diolah dengan menggunakan bumbu kacang atau kecap, namun sate klathak hanya diolah dengan bumbu garam. Lebih uniknya lagi, tusuk sate yang digunakan bukan tusuk sate kayu seperti biasanya, namun sate klathak menggunakan jeruji besi sepeda untuk menyajikannya.

Menurut salah satu karyawan disana, penggunaan jeruji besi ini merupakan cara supaya panas dari proses pembakaran bisa sampai merata ke daging kambingnya. Selain pengolahannya, sate klathak ini juga disajikan secara sederhana hanya dengan kuah gulai dan irisan cabai. 

Harga sate ini juga cukup terjangkau hanya dengan Rp. 25.000 bisa menikmati satu porsi sate klathak khas Yogyakarta di Sate Klathak Pak Jede.

Berita Terkait