PPMI Assalaam Jadi Tuan Rumah Upacara Pondok Pesantren Se-Sukoharjo

22 Oktober 2022, 19:15 WIB

SUKOHARJO, Hariankota.comPondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam Sukoharjo menjadi tuan rumah dalam Upacara Hari Santri Nasional 2022 pada Sabtu (22/10).

Upacara yang dilaksanakan di lapangan sepak bola PPMI Assalaam ini diikuti 3.789 peserta yang terdiri dari perwakilan Pondok Pesantren se-Sukoharjo.

Peserta upacara terdiri dari 67 Pondok Pesantren se-Sukoharjo. Dengan memakai baju koko dan sarung, peserta putra mengikuti upacara dengan khidmat. Sementara itu, putri berseragam batik dan berjubah putih yang melambangkan santri Indonesia.

Didampingi oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, turut hadir dan menjadi Pembina Upacara.

Beliau menyampaikan sambutan dari Bapak Mentri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, memaparkan peran dan kontribusi santri yang terlibat aktif dalam perjuangan meraih kemerdekaan serta mempertahankan kemerdekaan.

Mulai dari peristiwa resolusi jihad yang di pimpin oleh K.H. Hasyim Asy’ari di Surabaya dan kota-kota lain di Indonesia.

Menteri Agama, Bapak H. Yaqut Cholil Qoumas juga menekankan bahwa saat ini santri sudah berprofesi di segala bidang, namun tidak meninggalkan nilai-nilai agama karena bagi santri nilai-nilai agama adalah mata air yang memberikan inspirasi dan menjaga martabat kemanusiaan.

“Alhamdulillah, kita diberikan amanah untuk menjadi tuan rumah di Hari Santri Nasional 2022, Semoga bisa memberikan manfaat dan semangat untuk para santri agar senantiasa bermanfaat bagi masyarakat” papar Arkanudin Budianto, sekretaris PPMI Assalaam

Selain menjadi tuan rumah Upacara, PPMI Assalaam juga memperingati hari santri dengan pelaksanaan Bakti Sosial kepada panti asuhan dan masyarakat serta panen raya patin sebanyak 9,2 ton. Panen raya patin sendiri merupakan program yang selalu dilakukan dan tahun ini beriringan dengan HSN 2022.

Selain untuk membantu masyarakat sekitar, Program bakti social dan pemberian ikan patin ini ditujukan untuk pembelajaran bagi para santri agar senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat.

Berita Terkait