Nyeri Lutut, Jangan Panik. Gunakan Herbal Alami Ini

14 September 2022, 21:11 WIB

Hariankota.com – Beberapa orang merasakan sakit sendi (nyeri) di bagian lutut. Penyebabnya jiga nyeri beragam sesuai dengan tingkat keparahan yang bervariasi.

Bisa karena faktor cedera akibat jatuh. Kemudian karena penyakit seperti radang sendi yang menjadi penyebab umum nyeri lutut. Osteoarthritis, juga disebut artritis degeneratif dan beberapa sebab lainnya.

Dilansir dari Step to Health, ada beberapa pengobatan tradisional (herbal) yang bisa mengurangi rasa sakit di bagian lutut.

  1. Gunakan Kunyit
    Sebuah uji klinis yang diterbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, mengungkapkan bahwa kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit, dapat menggantikan obat penghilang rasa sakit tradisional seperti ibuprofen dalam pengobatan osteoartritis lutut.

Minum obat antiinflamasi hanya di bawah pengawasan medis. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter anda. Meskipun gejala ini dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, gejala ini juga dapat memburuk.

  1. Minyak zaitun

Diketahui kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan dalam minyak zaitun sangat baik untuk membantu mengatasi rasa sakit.

Menurut berbagai penelitian minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang, antara lain, membantu meningkatkan sirkulasi. Baik diminum secara langsung, atau oleskan dalam pijatan.

  1. Kompres Dengan Es Batu

Jika Anda mengalami nyeri dan peradangan lutut, kompres es bisa sangat bermanfaat. Dingin menenangkan rasa sakit atau sensasi terbakar, dan meningkatkan sirkulasi. Idealnya, terapkan selama sekitar 15 hingga 20 menit untuk mendapatkan hasil yang baik.

Berita Terkait