Destinasi Baru Kota Solo,Taman Pracima Puro Mangkunegaran Resmi Dibuka

Solo punya destinasi wisata baru yakni Taman Pracima Puro Mangkunegaran

22 Januari 2023, 00:12 WIB

Solo, HARIANKOTA.COM – Kota Solo miliki destinasi wisata baru yakni Taman Pracima Puro Mangkunegaran. Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, meresmikantan yang berlokasi di dalam area Puro Mangkunegaran Solo.

Kehadiran rombongan disambut Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegoro X. Hadir juga Susi Pudjiastuti, pemilik Persis Solo Kaesang Pangarep bersama istrinya Erina Gudono.

Taman tersebut dibangun dengan desain yang terinspirasi dari taman era Mangkunegoro VII sekitar 1920-an dengan desain perpaduan Eropa dan Jawa.

Dalam sambutannya, KGPAA Mangkunegoro X sampaikan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa memiliki berkontribusi dalam menjawab tantangan di era modern ini.

“Dengan menghidupkan kembali Pura Mangkunegaran sebagai ruang kebudayaan,” jelas KGPAA Mangkunegoro X, Sabtu (21/1).

Menurutnya Taman Pracima menjadi pusat dan wadah ruang kebudayaan bisa menjadi tempat untuk pengenalan kebudayaan Mangkunegran

“Baik di bidang kuliner, kesenian dan sebagainya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan pentingnya untuk menjaga budaya agar tetap lestari. Penting sekali untuk mengingat sejarah agar generasi muda memahaminya. .

Merajut kembali generasi muda sebagai masa depan bangsa. Agar kebudayaan tetap sebagai pondasi dalam pembangunan kedepan.

“Saya berharap ini nanti jadi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya Pura Mangkenegaran saja tapi untuk kawasan solo secara menyeluruh,” tuturnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebut setelah diresmikan, Taman Pracima akan dibuka untuk umum. Masyarakat bisa masuk dan menyaksikan keindahan Taman Pracima ini.

Taman ini nantinya juga dibuka untuk umum. Terkait konsep dan aturan (pembayaran) bisa ditanyakan kepada pemilik tempat dalam hal ini Pura Mangkunegaran.

“Ya makan bayar nanti konsep pembayaran dan lain-lain tanya Gusti Bhre. Aturannya yg paling paham Gusti bhe selaku pemilik tempat,” pungkasnya.

Berita Terkait