Daftar 10 Lagu Abadi Versi Penggemar K-Pop International, Ada EXO Loh

Foto Istimewa

7 September 2022, 17:02 WIB

Hariankota.com- Sebuah lagu mampu menembus ruang dan waktu. Kendala bahasa dalam suatu lagu tidak membatasi para penikmat musik. Demikian juga lagu-lagu dari penyanyi dan group band Korea juga banyak digemari oleh penggemar dari berbagai belahan dunia.

Baru-baru ini, penggemar Kpop di Reddit telah memilih 10 lagu abadi. Namun, daftar ini masih memicu reaksi beragam karena tidak adanya BLACKPINK, BIGBANG, SISTAR atau aespa.

  1. Into The New World (SNSD)

Into The New World menandai awal dari “grup wanita bangsa” SNSD di Kpop. Lagu debut ikonik ini dirilis pada tahun 2007. Setelah 15 tahun, pengaruh Into The New World tetap sama. Pada tahun 2021, lagu tersebut masih dicover oleh girl group junior.

Into The New World membawa pesan harapan dan dipenuhi dengan energi yang cerah, meninggalkan kesan yang kuat pada pendengarnya.

  1. Psiko (Red Velvet)

Psycho adalah salah satu lagu tersukses dalam karir Red Velvet. Tidak hanya sukses di tangga lagu digital, Psycho juga membantu Red Velvet membawa pulang banyak penghargaan penting. Psycho dengan suaranya yang adiktif dan konsep yang menarik terpilih sebagai salah satu lagu Kpop yang paling berkesan oleh banyak penggemar.

  1. Mirotic (TVXQ)

Mirotic adalah lagu utama dari album dengan judul yang sama yang dirilis oleh TVXQ pada tahun 2008. Kombinasi vokal kuat 5 anggota telah menciptakan hit klasik. Untuk penggemar TVXQ saat grup masih aktif dengan lineup asli, Mirotic membawa kenangan indah yang tidak pernah pudar.

  1. Say My Name (ATEEZ)

Meskipun masih pemula, ATEEZ menarik banyak perhatian karena pesona dan bakat mereka, terutama di pasar internasional. Say My Name dirilis selama comeback ATEEZ pada tahun 2019 dan membantu boy grup tersebut meraih prestasi luar biasa. Namun, ketika ditempatkan di sebelah hit lain dalam daftar ini, lagu ATEEZ dianggap tidak setara.

5.4 Walls (f(x))

Pada tahun 2015, f(x) melakukan comeback dengan “4 dinding” dan berpromosi dengan formasi 4 anggota, kecuali Sulli. Lagu tersebut menandai kedewasaan f(x) dalam konsep. 4 dinding dianggap sebagai lagu yang mendahului zamannya. Vokal dan harmonisasi yang jelas dari para anggota, bersama dengan kombinasi sempurna antara dance dan musik trap telah membawa emosi yang tak terlukiskan kepada pendengar.

  1. FEVER (ENHYPEN)

Pada Mei 2021, ENHYPEN merilis album Border: Carnival yang berisi lagu Fever. Meski bukan lagu utama, Fever dicintai banyak penggemar. Hanya dalam 230 hari, Fever menjadi lagu tercepat oleh boy grup generasi ke-4 yang mencapai 100 juta streaming di Spotify.

Fever juga masuk dengan sangat baik dalam daftar Lagu dan Album K-Pop Terbaik Majalah TIME pada Agustus 2021. Namun, seperti ATEEZ, lagu ENHYPEN yang masuk daftar ini mendapat reaksi beragam.

7.Cheer Up (TWICE)

Super hit TWICE, Cheer Up, pernah menggemparkan seluruh industri Kpop pada tahun 2016 dan memenangkan banyak penghargaan musik utama. Syair legendaris Sana “shy shy shy” menjadi viral di mana-mana. Ini juga merupakan lagu yang membawa popularitas TWICE ke tingkat yang sama sekali baru dan membantu grup tersebut diklasifikasikan sebagai grup idola A-list.

  1. Spring Day (BTS)

Spring Day adalah lagu BTS dengan charting terpanjang di chart Melon. Menurut banyak penggemar, Hari Musim Semi adalah “Lagu Kebangsaan Musim Semi“. Lagu tersebut merupakan lagu utama dari album “You Never Walk Alone“, memiliki melodi yang hangat dengan lirik yang emosional dan bermakna. Para anggota dapat sepenuhnya mengekspresikan vokal manis mereka melalui lagu ini.

  1. Wannabe (ITZY)

Wannabe menjadi kasus paling kontroversial dengan masuk dalam daftar 10 lagu abadi. Banyak netizen berpikir bahwa jika hit ITZY harus dimasukkan dalam daftar, Dalla Dalla atau ICY lebih layak daripada Wannabe.

  1. Call Me My Baby (EXO)

EXO Call Me Baby dirilis pada awal 2015 dan dengan cepat menjadi hit baik di dalam negeri maupun internasional. Lagu ini memiliki total 18 kemenangan di acara musik mingguan dan menduduki peringkat ke-9 dalam 20 Lagu K-Pop Terbaik Tahun 2015. 7 tahun telah berlalu sejak rilis Call Me Baby, tetapi masih dianggap sebagai salah satu lagu paling ikonik judul lagu EXO hingga hari ini.

Berita Terkait