3500 Peserta Ikuti senam Jateng Gayeng di Stadion Sriwedari Solo

9 September 2022, 18:23 WIB

Hariankota.com – Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa menghadiri Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 di Stadion Sriwedari pada Jum’at (9/9/2022).

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, Forkopimda Kota Surakarta, PLHK Disporapar Jawa Tengah, Bupati se-Jawa Tengah.

HAORNAS Tingkat Jawa Tengah Tahun 2022 akan diselenggarakan secara masal dengan peserta 3500 orang pada tanggal 9 September 2022  di Stadion Sriwedari Surakarta.

Pemilihan Sriwedari sebagai tempat penyelenggaraan bertujuan untuk meneladani semangat juang para founding father olahraga Indonesia, dalam rangka membangkitkan kembali gelora olahraga di Indonesia, khususnya Jawa Tengah yang sempat mengalami keterpurukan selama 2 tahun terakhir diakibatkan pandemi Covid-19.

Kota Surakarta juga merupakan kota bersejarah bagi dunia olahraga Indonesia. Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama diselenggarakan di Surakarta pada tanggal 9 September 1948 yang dibuka oleh Presiden Soekarno, sekaligus menjadi cikal bakal peringatan HAORNAS di Indonesia.

Ini menjadi moment yang tepat bagi dunia olahraga Jawa Tengah bangkit kembali dan bersama-sama gumregah bareng menyatukan tekad untuk mencetak juara dunia dari Jawa Tengah untuk Indonesia.

Pada saat peringatan HAORNAS dilakukan defile 3 pilar olahraga dengan total peserta defile berjumlah 600 orang meliputi perwakilan dari olahraga prestasi, olahraga masyarakat dan olahraga Pendidikan.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi atlet terbaik Jawa Tengah dan penghargaan bagi kabupaten/kota yang menjadi destinasi sport tourism unggulan di Jawa Tengah.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan senam massal “Jateng Gayeng”, senam yang dikoreografikan oleh KORMI Jateng yang akan dimasalkan melalui event-event olahraga di Jawa Tengah.

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa hampir dua tahun pandemic Covid-19, berbagai kegiatan mengalami pembatasan, salah satunya HAORNAS. Ia juga menyampaikan kota Solo kembali menjadi icon dari olahraga karena PON I sampai dengan ASEAN Paragames di kota Solo.

“Kita bisa kembali merayakan haornas secara terbuka. Antusiasme para siswa para atlet, semuanya bisa hadir dan cukup memberikan semangat. Kita memang mengambil Solo karena banyak sejarah mulai dari PON I sampai dengan ASEAN Paragames dan itu dilaksanakan di Solo, waktunya sangat pendek dan kita melebihi dari target”, ungkap Ganjar.

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menambahkan bahwa pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mendukung penuh para atlet untuk mencapai masa depan yang .

“Atlet-atlet yang berprestasi musti mendapatkan perhatian dari sisi ekonomi maka kita dorong mereka yang masih muda yang ingin menggapai cita-cita jika mereka juara kita kasih rekomendasi. Sehingga masa depan mereka jauh lebih baik”, tegas Ganjar.

Berita Terkait