Tips Menyimpan Makanan di Kulkas agar Tahan Lama

1 September 2022, 22:28 WIB

Hariankota.com – Biasanya orang berbelanja kebutuhan makan sehari-hari dalam jumlah banyak. Jika bahan makan jenis kering penyimpananya tidak terlalu rumit.

Namun untuk bahan makanan segar, daging,ikan, buah, sayur dan frozen food harus disimpan dengan benar agat tidak cepat rusak atau layu dan basi.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa cara menyimpan makanan di kulkas agar tahan lama dan tetap segar saat dikonsumsi.

  1. Simpan makanan dalam wadah tertutup

Menyimpan makanan di kulkas menggunakan wadah tertutup dapat menjaga kesegaran makanan dan mencegah masuknya kotoran dan bakteri.

Pastikan juga wadah yang digunakan dalam kondisi tidak rusak dan bersih.
Pilih wadah berbahan plastik yang bebas kandungan BPA.

  1. Letakkan daging atau ikan mentah
    dalam lemari pembeku atau freezer.

Menyimpan daging mentah di freezer dapat mencegah pertumbuhan kuman yang dapat hidup pada suhu kulkas.

  1. Bungkus buah dan sayur tertentu menggunakan handuk kering

Sebelum disimpan dalam wadah tertutup, beberapa jenis buah dan sayur seperti bit, stroberi, bluberi, wortel, dan lobak sebaiknya dibungkus menggunakan handuk kering.

Handuk kering dapat menyerap air atau kelembapan berlebih yang menyebabkan buah dan sayur tertentu menjadi cepat busuk.

Untuk bahan sayuran seperti pakcoy, brokoli, daun bawang, daun kale, dan selada, untuk menjaga kesegarannya, bisa membungkusnya dengan handuk lembab.

  1. Suhu kulkas tetap dalam kondidi dingin

Pastikan kulkas berada pada suhu di bawah 5o C dan freezer pada suhu minimal -18o C untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri maupun jamur pada makanan.

Tutup pintu kulkas dengan rapat dan jangan menumpuk makanan di depan lubang udara agar suhu kulkas tetap dingin. Selain menjaga suhu kulkas, jaga pula kebersihan kulkas.

Bersihkan kulkas secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk menghindari pertumbuhan kuman dalam kulkas yang dapat mencemari makanan.

  1. Letakkan makanan sesuai masa simpannya

Letakkan makanan yang sudah lama atau mendekati tanggal kedaluwarsa di bagian depan. Menyimpan makanan dengan cara ini bisa membantu Anda lebih mudah menjangkau makanan yang sudah lama agar dapat segera dikonsumsi dan tidak telanjur busuk.

Anda juga dapat memberi label tanggal pada wadah makanan untuk membantu mengingat jangka waktu penyimpanannya. Makanan sisa biasanya bertahan selama 5 hari di kulkas dan bisa sampai 6 bulan di freezer.

Berita Terkait