Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan Bagi Pemotor

16 Oktober 2022, 18:58 WIB

Foto/ Pixabay

JAKARTA, Hariankota.com – Memasuki musim penghujan, bagi pengguna motor wajib menyiapkan jas hujan untuk menghindari basah kuyup yang disebabkan oleh hujan.

Selain itu, pengendara pun harus lebih berhati-hati ketika sedang berkendara dikarenakan jalan yang akan dilalui kemungkinan besar akan menjadi licin dan dipenuhi oleh genangan air.

Berikut ini ada beberapa tips aman berkendara saat musim hujan dilansir dari AstraMotor.co.id :

1.Nyalakan Lampu Kendaraan

Aturan lalu lintas saat ini mengharuskan pengendara motor untuk menyalakan lampu kendaraannya pada siang hari, begitu juga pada saat turun hujan. Dikarenakan ketika turun hujan kondisi langit pun menjadi mendung, maka dari itu pengendara disarankan untuk menyalakan lampu kendaraannya agar dapat melihat jalan secara jelas dan juga untuk melihat kendaraan lainnya.

  1. Gunakan Jas Hujan Single

Untuk menghindari kendala saat berkendara, ada baiknya untuk membawa lebih dari satu jas hujan. Memang belum ada data secara statistik yang membuktikan bahwa jas hujan semacam tandem dapat mempengaruhi pengendara dalam mengendarai motor, namun tidak ada salahnya juga untuk memulai kebiasaan membawa jas hujan lebih dari satu.

  1. Usahakan Tidak Rem Mendadak Ketika Hujan

Ketika turun hujan, kondisi jalan pun akan menjadi lebih licin. Apabila akan melakukan pengereman di tengah hujan, maka dibutuhkan teknik pengereman yang benar. Apabila menekan rem secara mendadak, maka akan menyebabkan terjadinya selip pada ban karena kondisi jalan yang licin. Gunakanlah fitur engine brake, untuk membantu pengereman. Perhatikan jarak motor pengendara dengan kendaraan lainnya untuk menghindari pengereman mendadak.

Itulah beberapa tips aman berkendara saat musim hujan, karena kondisi jalan yang licin.

Berita Terkait