Sambut Malam Satu Suro, Ganjar dan Gibran Ikuti Kirab Pusaka Pura Mangkunegaran

Ganjar dan Gibran ikuti Kirab Pusaka Pura Mangkunegaran

30 Juli 2022, 00:53 WIB

Hariankota.com  – Kirab Pusaka Dalem 1 Sura EHE 1956, Jumat (29/7/2022) malam digelar Pura Mangkunegaran Surakarta, untuk menyambut malam 1 Sura atau malam tahun baru kalender Jawa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama istri Siti Atikoh, juga Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengikuti prosesi Kirab Pusaka  tersebut.

Dengan berbusana Jawi Jangkep, Ganjar yang ditemani istri, berjalan kaki mengikuti rute kirab bersama rombongan keprajuritan. Yakni dari pendapa, keluar ke selatan, pamedan, ke arah barat muter Mangkunegaran satu kali, kemudian masuk ke area pendapa.

Selama perjalanan kirab mengelilingi Mangkunegaran, seluruh peserta dilarang untuk berbicara atau disebut tradisi tapa bisu.

“Suasananya terasa meriah. Sambutan masyarakat bagus,” papar Ganjar.

Pura Mangkunegara gelar Kirab Malam Satu Suro EHE (tahun Jawa) 1956, mengeluarkan 4 pusaka yang terdiri dari 3 tombak dan 1 joli.  

Didapuk untuk menjemput pusaka-pusaka tersebut adalah KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat dan KRMT Hudoko Artisto. Dan sebagai cucuk lampah adalah KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Berita Terkait