Revitalisasi Taman Pracima di Komplek Pura Mangkunegaran Bakal Jadi Space Publik Baru

8 November 2022, 14:46 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meninjau proses revitalisasi Pracima Tuin (taman Pracima) di Kompleks Istana Pura Mangkunegaran Solo, Selasa (8/11/2022).

Dengan ditemani KGPAA Mangkunegara X, Gibran berkeliling lokasi. Diketahui awalnya Taman Pracimasono ini merupakan peninggalan KGPAA Mangkunegara VII sekitar tahun 1920.

Hingga di era pemerintahan KGPAA Mangkunegara X dijadikan ruang publik dan kebudayaan. Menurut KGPAA Mangkunegara X, revitalisasi taman pracimasono bertujuan untuk mengembalikan taman tersebut seperti sedia kala.

“Jadi dari eranya eyang Mangkunegara VII. Jadi kita kembalikan seperti itu,” paparnya.

Dia berharap taman ini bisa menjadi wadah pelestarian dan pengembangan kebudayaan seperti kesenian, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan kuliner khas Mangkunegaran.

“Ke depannya harapannya bisa menjadi suatu wadah untuk pelestarian dan mengembangkan kebudayaan termasuk pengembangan UMKM,” lanjutnya.

Sementara Wali Kota Gibran Rakabuming Raka berharap Taman Pracimasono Pura Mangkunegaran ini nantinya menkadi salah satu destinasi wisata dan public space baru di Solo.

“Kita pengin nanti Mangkunegaran bisa dinikmati banyak wisatawan dengan spot-spot baru,” pungkas Gibran.

Berita Terkait