Ramai-ramai Caleg Ngalap Berkah di Upacara Adat Mondosio Karanganyar

Ratusan warga Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu berebut ayam pada puncak Upacara Adat Mondosio

22 Agustus 2023, 22:06 WIB

KARANGANYAR, HARIANKOTA.COM – Ratusan warga Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu berebut ayam pada puncak Upacara Adat Mondosio, Selasa (20/8/2023).

Mereka meyakini akan memperoleh berkah dan terhindar dari malapetaka apabila memiliki ayam itu. Mereka percaya ayam itu bertuah.

Ayam itu sendiri merupakan pemberian warga yang memiliki Nazar atau janji. Warga yang memiliki nazar datang membawa sepasang ayam jantan dan betina. Mereka menunggu di sekitaran pendapa tersebut.

Dan kali ini yang memberikan ayam yakni Eko Pijoanto. Eko Pujianto memberikan empat ekor ayam pada saat digelarnya upacara mondosiyo.

Dirinya sengaja memberikan empat ekor ayam karena dia telah bernazar bila dirinya maju sebagai Caleg dalam pemilu 2024 ini, maka ia akan memberikan ayam.

“Saya bernazar kalau bisa nyeleg di Pemilu, saya mau memberikan ayam. Dan kebetulan itu saya nyaleg DPRD Kabupaten Karanganyar dari Dapil II,”terang dia.

Kemudian prosesi adat dilanjutkan dengan doa oleh sesepuh setempat dan mengambil air badek dari punden. Setelah prosesi selesai, ayam itupun dilepas.

Berbagai upaya dilakukan warga agar bisa menangkap ayam. Warga diperbolehkan menggunakan apa saja untuk menangkap ayam yang dilempar ke atap bangunan pasar dusun. Ada yang naik ke atas bangunan. Mereka berusaha menggiring ayam agar mau turun.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait