Presiden Jokowi Minta Evakuasi Korban Gempa Cianjur Jadi Prioritas 

24 November 2022, 18:21 WIB

CIANJUR, HARIANKOTA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) apresiasi proses evakuasi korban musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar) sudah berjalan dengan baik, karena pemerintah memberikan prioritas terhadap hal tersebut. 

“Memang masih ada satu titik saja yang terdapat laporan korban belum ditemukan, maka itu akan menjadi prioritas juga,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika memberikan keterangan pers secara virtual di sela-sela kunjungan kerjanya kembali ke Cianjur, pada Kamis (24/11/2022). 

Presiden menuturkan, pada setiap titik yang dilaporkan terdapat korban yang belum ditemukan atau menghilang setelah gempa akan mendapatkan perhatian penuh dari segenap instansi pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya yang terjun ke lokasi musibah termasuk relawan. 

Kemudian, berkaitan dengan distribuai logistik di lapangan akan segera dilakukan secara optimal terutama di lokasi-lokasi pengungsian dan rumah sakit. Dari mulai makanan, air, hingga obat-obatan.

Semua titik akan diusahakan mendapatkan distribusi logistik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga, upaya penanganan pascagempa dapat dilakukan secara optimal dengan cepat selama masa tanggap darurat.

“Titiknya banyak sehingga butuh waktu untuk distribusikan, tapi saya minta semua bekerja berkoordinasi,” ungkap Presiden. 

Presiden optimistis, segenap instansi pemerintah bersama dengan pemangku kepentingan lainnya akan berupaya melakukan sejumlah langkah yang tepat dalam penanganan musibah gempa di Cianjur. Sehingga, masyarakat terdampak dapat bertahan juga terbantu dari musibah yang terjadi tersebut. 

“Saya sudah perintahkan menteri terkait dan segera dikerjakan,” tandas Presiden. 

Berita Terkait