Prangko Prajurit Keraton Diluncurkan, Kisah Kesetiaan Para Abdi Dalem

Foto/Pemkot Solo

17 Agustus 2022, 22:14 WIB

Hariankota – Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadikan para bergodo sebagai salah satu model prangko dalam rangka ASEAN Paragames 2022 di Solo, pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022.

Prajurit bergodo memiliki kesetiaan yang tinggi kepada keraton dan melengkapi unsur kekayaan budaya daerah itu yang membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadikan para bergodo sebagai salah satu model prangko dalam rangka ASEAN Paragames 2022 di Solo, pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022.

Ada dua prangko yang diluncurkan Kominfo, satu seri bertema aneka cabang olahraga dan seri lainnya bergambar tujuh bergodo dengan latar bagian depan dari bangunan Keraton Surakarta.

Menurut Pelaksana tugas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ismail, terbitnya prangko seri prajurit keraton ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap pelestarian budaya di Kota Solo yang telah mendunia.

“Para prajurit ini merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan Keraton Surakarta. Mereka mewakili sebuah budaya yang telah berlangsung di Solo dan keraton sejak ratusan tahun lalu,” kata Ismail usai acara peluncuran prangko di Balai Kota Surakarta dilansir dari laman InfoPublik, (17/8/2022).

Ismail menjelaskan, prangko adalah sebuah seni bernilai tinggi karena di dalamnya ada cerita mengenai sebuah warisan budaya dari suatu bangsa. Oleh karena itu, mengangkat kisah kesetiaan bergodo kepada keraton menjadi pilihan yang tepat. Prangko bernilai Rp5.000 itu diharapkan Ismail akan menjadi koleksi berharga dari para filatelis atau kolektor prangko.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Hendry, perwakilan Perkumpulan Filatelis Indonesia Kota Solo yang hadir pada acara tersebut. Kolektor sekitar 9.000 prangko ini menyebutkan baru kali ini terbit prangko seri prajurit Keraton Surakarta. “Seingat saya, baru kali ini terbit prangko bergambar prajurit Keraton Surakarta,” ujarnya.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, prangko seri prajurit Keraton Surakarta merupakan salah satu cara pihaknya untuk ikut melestarikan kebudayaan daerah yang ada di Indonesia.

“Kita tahu bahwa Indonesia itu kaya dengan keragaman budaya dan hal itu perlu kita lestarikan supaya tetap bisa dinikmati sekian generasi berikutnya. Ini adalah salah satu upaya kami dari Pos Indonesia untuk mewujudkan pelestarian itu,” jelas Faizal.

Sementara itu, Executive General Manager Pos Indonesia Kota Solo, Lilik Suryono mengatakan, seri prangko Prajurit Keraton Surakarta baru tercetak 450 ribu lembar dan sekitar 30 ribu lembar lainnya untuk seri ASEAN Paragames 2022 yang terdiri dari enam gambar cabang olahraga. Jumlah tersebut dapat ditambah di masa mendatang menyesuaikan kebutuhan. Saat ini prangko seri Prajurit Keraton Surakarta dan ASEAN Paragames 2022 sudah bisa didapat di kantor-kantor pos terdekat.

Berita Terkait