PLN UP3 Surakarta Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Solo Raya

25 Oktober 2022, 05:37 WIB

PLN Solo Siapkan SPKLU/ist

SOLO, Hariankota.com – PT PLN UP3 Surakarta saat ini ikut mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Solo Raya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan fasilitas kepada para pengguna kendaraan listrik, yaitu penyediaan fasilitas pengisian kendaraan listrik yang tersedia di beberapa lokasi.

Manajer PLN UP3 Surakarta, Joko Hadi Widayat, mengatakan di Surakarta sendiri telah tersedia 3 SPKLU yaitu di kantor PLN UP3 Surakarta dan di Rest Area Sragen. SPKLU UP3 Surakarta ada 3 device yaitu Delta AC – 22 kW, Delta DC – 25 kW, dan Phihong DC – 25kW.

“Fasilitas tersebut sudah kita sediakan sejak tahun 2019. Hingga kini sudah banyak pengguna kendaraan listrik yang memanfaatkannya,” kata Joko Hadi Widayat.

Menurutnya, rata-rata dalam sepekan ada 2 mobil listrik yang melakukan pengisian daya di SPKLU kantor PLN UP3 Surakarta. Sembari menunggu saat melakukan pengisian daya, masyarakat dapat beristirahat di SPKLU Lounge yang telah disediakan.

Selain itu, PLN UP3 Surakarta juga menawarkan program diskon 30 persen bagi pengguna kendaraan listrik. Diskon tarif itu bisa dinikmati oleh pengguna kendaraan listrik dari pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB.

“Jadi waktunya disesuaikan dengan kebiasaan pengguna dalam men-charge kendaraan listriknya,” lanjut Joko.

Fasilitas yang ditawarkan untuk pelanggan di Solo Raya itu sejalan dengan kebijakan dari PLN pusat yang terus mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik.

PT PLN (Persero) terus melakukan percepatan pengembangan ekosistem electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik. Langkah ini untuk mempercepat transisi energy di Tanah Air guna mencapai target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hilirisasi EV di PLN dilakukan dengan memberikan kemudahan kepada publik dalam proses charging di rumah maupun di luar rumah.

“Semakin mudah masyarakat mengisi daya, maka masyarakat akan semakin tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik. Kendaraan listrik ini selain ramah lingkungan, operasionalnya juga lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak,” tandas Darmawan.

Berita Terkait