Momen Kaesang-Erina Kirab Menuju Pura Mangkunegaran, Sambil Berdiri Jokowi Sapa Warga Solo

11 Desember 2022, 11:36 WIB

Foto: Laily Rachev

SOLO, HARIANKOTA.COM – Kirab pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran disambut puluhan ribu masyarakat Solo yang berjajar di sepanjang jalan Slamet Riyadi Solo.

Pasangan pengantin Kaesang dan Erina tampak mengenakan pakaian dodot basahan adat Solo. Rombongan pengantin bersama keluarganya menumpangi 10 kereta kencana dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.

Pasangan Kaesang dan Erina tampak duduk di kereta kencana paling depan, sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana berada di kereta kencana terakhir bersama dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution.

Pembuka kirab adalah prajurit Keraton Kasunanan Surakarta sebanyak 81 orang. Selain itu, ada juga korps musik dan enam bregodo atau pasukan prajurit keraton yakni Tamtomo, Prawiro Anom, Jayeng Astro, Sorogeni, Joyosuro, dan Doropati.

Kaesang dan Erina tampak menebar senyum seraya melambaikan tangan menyapa masyarakat yang antusias menanti kedatangan keduanya sejak pagi hari.

Demikian halnya dengan Jokowi yang juga berkali-kali menangkupkan kedua tangannya seraya mengucapkan terima kasih kepada warga bahkan sambil berdiri menyapa warga.

Setibanya di gerbang Pura Mangkunegaran setelah menempuh jarak sekitar1,7 kilometer, rombongan pengantin disambut oleh 80 prajurit Mangkunegaran dan delapan pasang Putra-Putri Solo.

Berita Terkait