Kusir Kereta Kencana Kaesang-Erina, Ternyata Ini Profesinya

8 Desember 2022, 13:57 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Acara Ngunduh Mantu Presiden Jokowi digelar di Pendopo Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (8/12). Nantinya pasangan pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dikirab menuju lokasi acara di Pura Mangkunegaran. 

Enam ekor kuda betina bakal menarik kereta kencana yang akan dinaiki Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Sementara kusir yang dipercaya membawa kereta tersebut adalah Aiptu Warsito. 

Aiptu Warsito yang  bertugas menjadi Babhinkamtibmas di Polsek Kesugihan Polresta Cilacap memang sedari kecil sudah terbiasa dengan kuda dan delman ditempat kelahirannya di Dsn .Sojiwan  Desa. Kebondalem kidul,Prambanan, Klaten.

“Kita sudah laksanakan persiapan sejak  satu bulan yang lalu. Kita sudah siap dan ready untuk melaksanakan tugas,” jelasnya Kamis (8/12).

Menurutnya selama ini sejak Jokowi masih menjabat sebagai walikota Solo setiap ada event yang  membutuhkan kuda dan kereta selalu menghubungi keluarganya  yang ada di Jajar Solo. 

Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda adalah Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabatnya. 

“Kita sudah siap dan ready untuk melaksanakan tugas. Kereta kencana tersebut ditarik enam ekor  kuda betina. Salah satu kuda tersebut bernama habibah,” papar Aiptu Warsito. 

Aiptu Warsito sudah sering dipercaya untuk mengikuti even besar diantaranya Festival keraton Nusantara di  Yogyakarta, Festival Keraton Nusantara di Keraton solo dan Cirebon,  kirab hari jadi kota Cilacap dan kirab pernikahan Wakil Bupati Cilacap.

Berita Terkait