Kucing Juga Bisa Demam Lo, Ini Ciri Ciri dan Penanganannya

3 Oktober 2022, 23:26 WIB

Hariankota.comKucing juga sama seperti manusia, bisa juga mengalami kenaikan suhu tubuh. Normalnya kucing memiliki suhu normal berkisaran antara 37-39 derajat celsius.

Penyebab demam pada kucing bisa disebabkan beragam hal. Seperti infeksi akibat bakteri dan jamur, infeksi di saluran pernapasan dan beberapa penyakit lain.

Untuk mengetahui kucing Anda demam pahami ciri-cirinya dan bagaimana penanganannya.

  1. Terlihat Lesu

Kucing sehat akan terlihat aktif dan lincah. Bergerak kesana kemari tanpa lelah. Berbeda jika kondisi kucing dalam keadaan sakit, akan terlihat lemah dan tidak bertenaga.

  1. Kucing Kehilangan Nafsu Makan dan Minum

Dalam kondisi sakit, mereka pasti membiarkan kotak makan dan minum mereka tetap utuh.

Dalam kondisi demam bisa berpengaruh terhadap metabolisme atau kemampuan tubuh kucing untuk mengolah zat makanan.

Harus diwaspadai jika mereka enggan untuk minum bisa membuat kucing mengalami dehidrasi.

  1. Kucing Sering Tidur

Ciri ciri kucing demam adalah mereka akan lebih sering tidur. Meski dalam kondisi sehat kucing biasa menghabiskan waktu untuk tidur, namun kondisi berbeda jika dalam keadaan sakit.

Mereka memilih tidur karena tidak bertenaga. Sebab tidak ada asupan pangan yang masuk. Dan saat sakit biasnya memilih tidur ditempat yang tersembunyi.

Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut, coba cek suhu tubuh kucing dengan memasukkan termometer ke anus kucing. Jika suhunya diatas 39 derajat Celsius, segera bawa mereka ke dokter hewan terdekat.

Dokter akan memberikan obat sesuai kondisi kucing. Jangan sembarangan memberikan obat pada kucing, karena pemberian obat yang salah bisa membuat kucing keracunan.

Berita Terkait