Inikah Makanan Khas Tradisi Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Untuk Sajian 1 Sura

26 Agustus 2022, 23:42 WIB

Hariankota.com- Ada tradisi unik di bulan Suro di Kraton Solo. Sura atau Suro ialah nama bulan pertama dalam penanggalan Jawa, merupakan malam yang sakral bagi masyarakat yang memegang budaya Jawa.

Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa secara rutin setiap tahun menggelar tradisi Kirab Malam 1 Suro Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kirab Malam 1 Suro merupakan tradisi untuk perenungan diri agar menjadi lebih baik lagi. Ada beberapa tradisi yang digelar Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebelum menuju Malam 1 Suro seperti tradisi memasak sajian untuk Malam 1 Suro.

Dalam sajian ini terdapat makanan tradisional yaitu Lemper. Lemper merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang diisi daging cincang yang telah diberi bumbu lalu dikukus.

Tentu sudah tidak asing dengan makanan lemper. Makanan tradisional ini merupakan terbuat dari ketan dan biasanya dibungkus dengan daun pisang.⁣

Lemper dibuat menggunakan ketan dibumbui dengan aneka bumbu semuanya dicampur dengan santan dan dimasak hingga air menghilang.

Berita Terkait