Hujan Deras, Beberapa Kawasan Terendam Banjir

17 Februari 2023, 20:02 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Diguyur hujan deras dari siang hingga malam hari, ratusan ratusan rumah di wilayah Jagalan Solo terendam banjir akibat luapan sungai Jenes Kamis (16/2) sore.

Data sementara wilayah yang terdampak banjir adalah Jagalan, Gandekan, Semanggi, Joyosuran, Sangkrah, Kedunglumbu, dan Tanjung Anom Kota.

Sekitar 150 rumah / KK terendam banjir di RT 3 dan RT 2 di jagalan. Ketinggian air di rumah-rumah warga sekitar 30-40 cm.

Relawan bersama dengan petugas BPBD, PMI Solo dan relawan lainnya sedang melakukan evakuasi terhadap warga dikawasan Jagalan.

“Saat ini kami sedang melaksanakan evaluasi terhadap warga,” jelas Kepala BPBD kota Solo,Nico Agus Putranto, Kamis (16/2).

Sebelumnya dari BPBD sendiri telah menyiagakan seluruh personelnya sebagai antisipasi jika terjadinya banjir di sejumlah titik Posko rawan banjir.

“Kita terus lakukan patroli, juga bersiaga di titik-titik rawan bencana, melakukan pantauan, dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk waspada,” lanjutnya.

Lurah Jagalan Irjanto Yudha Andika ungkap banjir hampir merata di sejumlah titik. Imbas dari luapan Sungai Kalisonto yang ada kawasan Jagalan.

“Banjir merata, bahkan di jalan (tinggi air) hampir setengah meter. Ini koordinasi sama (petugas) pintu air dulu kalau bisa disedot,” pungkasnya.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait