Ganjar Minta Sosialisasi Prolegnas RUU Prioritas Disampaikan Secara Lengkap

17 Januari 2023, 17:40 WIB

Semarang, HARIANKOTA.COM – Bertemu Badan Legislasi DPR RI bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam rangka Sosialisasi Prolegnas RUU Prioritas tahun 2023.

Diketahui sebanyak 39 Rancangan Undang-Undang (RUU) masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2023. Persetujuan dilakukan setelah mendengarkan penjelasan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Prolegnas Prioritas 2023 berjumlah sebanyak 39 RUU, terdiri atas 24 RUU diusulkan DPR RI, 12 RUU usulan pemerintah, dan tiga RUU diusulkan DPD RI. Salah satu yang masuk Prolegnas adalah RUU Kesehatan dan RUU Perlindungan PRT.

Dalam pertemuan tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong sosialisasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) lebih masif dan memaksimalkan seluruh media. 

Disamping itu Ganjar juga meminta agar konten dari Prolegnas juga harus ditampilkan lebih jelas.

“Usulan saya yang pertama ada berapa prolegnas, kemudian kontennya. Jadi masing-masing RUU itu sebenarnya apa yang ada di sana, sehingga masyarakat bisa membahas dan bisa memberikan catatan-catatan penting,” ujar Ganjar dilansir dari laman resmi Pemprov Jateng.

Mantan anggota DPR RI itu menambahkan, kegiatan seperti ini tidak cukup sekali digelar. Dia harus melakukan tindak, khususnya sesuai dengan RUU yang menjadi prioritas lebih lanjut.

“Apakah di daerah ini dibagi ke seluruh hadirin dari kelompok masyarakat, tokoh agama, akademisi, semuanya membaca, sehingga bisa memberikan feedback yang bagus,” katanya.

Di sisi lain, Ganjar mendorong Baleg DPR RI bisa memaksimalkan informasi multiplatform untuk menyosialisasikan, dengan konten yang lengkap dan tidak sekadar gambaran umum. Karena itu, semua akan bisa memahami hal tersebut.

Gubernur Jawa Tengah dua kali mengatakan, jika sosialisasi dilakukan dengan baik, maka masyarakat bisa memahami lebih komprehensif. Kesadaran masyarakat juga akan semakin tinggi, sehingga tidak ada pemahaman yang abu-abu pada RUU di Prolegnas itu.

“Sehingga orang nanti berangkat dari kecurigaan, itu berbahaya. Buat pointers aja, setiap RUU itu mau ngatur apa sih, itu di naskah ada, akademisi biasanya ada,” tandasnya.

Ketua rombongan Kunker Baleg DPR RI Zainudin Maliki menyampaikan apresiasi kepada Ganjar Pranowo. Ia berharap Ganjar menjadi salah satu ‘endorser’ Prolegnas RUU Prioritas tahun 2023.

“Kami terima kasih, karena Pak Ganjar bisa menerima kami langsung, dan ke depan sosialisasi akan berjalan dengan baik,” kata Zainudin dalam sambutannya.

Rombongan yang hadir adalah Zainudin Maliki, dan diikuti anggota lainnya antara lain Bukhori Yusuf, Lulu Nur Hamidah, Endang Maria Astuti, dan lainnya. 

Hadir pula perwakilan kelompok masyarakat, mulai akademisi, bidang kesehatan, tokoh agama hingga kelompok yang mewakili perempuan dan anak.

Berita Terkait