Anggota DPR RI, Abdul Kharis Dukung Tanggal 25 November Jadi Hari Keris Nasional

27 November 2022, 20:01 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM– KunjungI Pameran Keris di Museum Keris Nusantara Sriwedari Surakarta,
Wakil Ketua Komisi I DPR-RI  Dr. Abdul Kharis Almasyari mendukung tanggal 25 November dijadikan sebagai Hari Keris Nasional.

UNESCO yang merupakan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia.

Dunia telah mengakui keberadaan keris Indonesia dan mendapat penghargaan dunia sejak 25 November 2005. Dirinya mendukung tanggal 25 Nopember  dijadikan sebagai Hari Keris Nasional.

“Karena pada tanggal 25 November 2005, UNESCO telah mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia”, jelasnya.

Kepala UPT Museum Keris Nusantara Bapak Luthfi Khamid sebut bahwa pameran ini merupakan agenda tahunan yang selalu diadakan Museum Keris Nusantara  dalam rangka memperingati Hari Keris Dunia.

Pada tahun-tahun sebelumnya selain Pameran, Museum Keris Nusantara juga menyelenggarakan Bursa Keris yang diikuti masyarakat perkerisan dari berbagai daerah.

“Sayang selama pandemi lalu belum menggelar acara Bursa Keris, semoga tahun depan sudah bisa kita laksanakan lagi,” tutupnya.

Berita Terkait