Alasan Mengapa Kucing Selalu Mengubur Kotorannya

16 Oktober 2022, 19:34 WIB

SOLO, Hariankota.com – Kebiasaan kucing mengubur kotorannya dengan pasir mungkin manjadi banyak pertanyaan. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kucing melakukannya. Karena hewan lain tidak berlaku seperti kucing.

Mari kita lihat tiga alasan untuk perilaku aneh tapi sangat normal ini, dilansir dari hepper :

  1. Karena Wilayah

Di alam liar, kucing besar berada di puncak rantai makanan, dan karena itu, ada pertempuran terus-menerus untuk wilayah dan dominasi. Singa, macan tutul, dan cheetah tidak memiliki predator alami yang perlu dikhawatirkan, sehingga mereka tidak perlu khawatir menyembunyikan kotorannya. 

Di sisi lain, kucing yang lebih kecil, seperti kucing peliharaan atau kucing hutan, sangat rentan terhadap predator puncak ini, jadi mereka mengubur kotorannya untuk memberi tahu kucing yang lebih besar bahwa mereka bukan ancaman dan tidak menghadirkan tantangan teritorial. 

Kebiasaan ini telah diturunkan dari generasi ke generasi kucing dan masih menjadi bagian dari naluri alami mereka hingga saat ini.

  1. Ancaman Predator

Sementara perselisihan teritorial dengan kucing yang lebih besar tentu saja menjadi perhatian, ada lebih banyak hal di alam liar yang harus dikhawatirkan oleh kucing yang lebih kecil. 

Predator adalah ancaman konstan dan mematikan, terutama jika kucing kecil memiliki banyak anak kucing di sekitarnya. Predator memiliki kepekaan yang tajam terhadap dunia di sekitar mereka, dan aroma seperti kotoran atau urin adalah tanda mencolok bahwa ada kucing kecil di area tersebut. 

Untuk alasan ini, kucing kecil akan mengubur kotorannya dalam upaya untuk tetap berada di bawah radar dan tidak menarik predator yang lebih besar.

  1. Genetika

Kucing peliharaan Anda masih memiliki mekanisme bertahan hidup dalam DNA mereka , dan kebiasaan tertentu murni naluriah. Anda tahu bahwa tidak ada predator besar atau kucing besar yang berkeliaran di sekitar lingkungan.  Kucing Anda tidak yakin tentang hal ini seperti Anda dan kemungkinan melihat Anda sebagai anggota rumah tangga yang dominan. 

Mereka masih akan mengubur kotoran mereka untuk menghindari konflik, dan ini adalah bagian dari naluri mereka yang tidak mungkin hilang.

Selain itu, kucing sangat rewel tentang kebersihan, jadi mereka mungkin mengubur kotorannya untuk menjauhkan bau dari hidungnya yang sensitif.

Mungkin tiga alasan tersebut bisa mengobati perasaan penasaran Anda kenapa kucing selalu berusaha menutup kotorannya.

Berita Terkait