Zulkifli Hasan Pantau Harga Sembako di Pasar Traditional Solo

15 September 2022, 19:28 WIB

Hariankota.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan pantau harga sembako di pasar tradisional kota Solo. Seperti harga telur ayam, cabai merah kualitas premium, dan bawang.

Cabai yang dijual di pasar Gede berkualitas bagus dijual Rp.70 ribu perkilo. Untuk kualitas biasa itu di kisaran harga Rp. 60 ribu. harga telur Rp. 27 ribu perkilo.

“Bawang juga begitu tadi bawangnya besar-besar bagus yang terbaik kualitas premium itu 35 ribu biasanya kalau biasa 30 ribu. Ayam tadi kita lihat 35 ribu,” jelasnya.

Kemudian, Zulhas menyampaikan bahwa kenaikan BBM belum berdampak bagi pedagang pasar. Ia mengatakan apabila terjadi kenaikan harga pada bahan pokok akan ditanggulangi menggunakan dana cadangan.

“Sampai saat ini kenaikan BBM belum mempengaruhi harga bahan pokok di harga bahan pokok masih stabil tidak ada perubahan. Tetapi andai kata kalau ada perubahan, Presiden perintahkan kepada kami sampaikan kepada Walikota, Bupati, Gubernur begitu bahan pokok naik harus dicek betul karena ini menyangkut masyarakat rakyat,” jelasnya, Kamis (15/9).

Zulhas menegaskan bahwa harga minyak dari dinas perdagangan tidak boleh dijual lebih mahal dari harga asli. “Tadi menemukan ada minyak goreng yang dijual 17 ribu itu tidak boleh maka harus 14 ribu, kalau dari yang dari perdagangkan itu kan ditulis diluarnya harga eceran tertinggi 14.

“Kecuali kalau yang premium itu yang brand nya macem-macem silakan, ” pungkasnya.

Berita Terkait