Tips Resep Scrub Wajah dengan Bahan yang Ada dirumah Untuk Kulit lebih Bercahaya.

28 Maret 2024, 13:20 WIB

Foto Istimewa

JAKARTA, HARIANKOTA.COM – Kulit Anda adalah bagian tubuh yang paling terbuka. Itu mengambil banyak kotoran, kuman, riasan, asap, dan racun lingkungan lainnya setiap hari. Ini adalah organ regenerasi diri yang secara rutin melepaskan sel-sel mati dari permukaan dan membuat yang baru untuk menggantikannya.

Di bawah kulit, ada beberapa kelenjar minyak yang mengeluarkan sebum untuk menjaganya tetap lembab. Tetapi faktor hormonal, lingkungan, dan lainnya juga dapat memicu kelebihan produksi sebum, yang kemudian naik melalui pori-pori ke permukaan kulit.

Semua kotoran ini menumpuk di pori-pori kulit dari waktu ke waktu dan memberikan makanan bagi bakteri kulit yang berkembang biak dan memicu infeksi kulit seperti jerawat. Selain itu, penumpukan sel-sel mati dan minyak pada kulit dapat membuatnya terlihat semakin kusam, berminyak, dan lelah.

Perawatan kulit yang konsisten dari usia dua puluhan adalah cara terbaik untuk membuatnya tetap muda, sehat, dan bercahaya lebih lama. Ini memerlukan pembersihan, pelembab, dan pengencangan kulit secara teratur bersama dengan pengelupasan kulit yang lembut setiap beberapa hari.

Kopi bubuk adalah agen pengelupasan yang sangat baik yang dengan lembut menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan memungkinkan kulit untuk bernafas. Butiran kopi tidak mudah larut dalam air dan memiliki tindakan menggosok ringan yang tidak mengiritasi kulit.

Lulur kopi buatan sendiri membantu menghilangkan sel-sel mati, minyak, dan kotoran dari lapisan atas kulit untuk membuatnya halus, lembut, dan berkilau. Di bawah ini adalah beberapa scrub kopi yang meremajakan kulit untuk Anda coba.

Ketahui Bahan-Bahan Anda

Ini adalah bahan utama yang digunakan dalam scrub buatan sendiri bersama dengan manfaat kulit masing-masing:

  1. Kopi

Kopi adalah bahan bintang dari scrub ini. Ini bekerja sebagai exfoliant lembut untuk mengelupas lapisan dangkal kulit mati dan untuk mengungkapkan kulit baru yang segar dari bawah.

Memijat wajah Anda dengan butiran kopi membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori Anda dan merangsang sirkulasi darah di bawah kulit. Tindakan pembersihan mendalam ini membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda sehingga mengurangi kotoran dan terlihat segar.

Ditambah lagi, kopi dikreditkan dengan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi bengkak wajah dan lingkaran hitam. Ini juga sarat dengan antioksidan yang membantu memperbaiki dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan radiasi UV.

Selain itu, kopi dikenal untuk membantu produksi kolagen dan elastin, dua protein struktural utama yang ditemukan di kulit. Kolagen memberi kulit Anda volume dan kekuatannya, sementara elastin bertanggung jawab untuk mempertahankan bentuknya. Bersama-sama, mereka menjaga kulit tetap muda dan kenyal.

  1. Madu

Mengelupas kulit Anda sering membuatnya kering, tetapi menambahkan madu ke scrub Anda dapat membantu mengatasi masalah itu. Menjadi humektan alami, madu tidak hanya memberikan kelembapan pada kulit Anda yang kering tetapi juga menyegelnya untuk hidrasi yang tahan lama.

Madu juga menunjukkan sifat anti-inflamasi, antiseptik, antibakteri, dan antioksidan yang signifikan yang dapat membantu mendisinfeksi, melindungi, dan menyembuhkan kulit Anda. Faktanya, madu adalah bahan yang umum digunakan untuk mengobati jerawat dan jaringan parut.

  1. Lidah Buaya

Seperti madu, lidah buaya juga merupakan pelembab alami yang memiliki banyak manfaat pemulihan kulit lainnya. Gel kaya air ini mudah diserap untuk melembabkan kulit secara mendalam tanpa membuatnya kering, yang merupakan bonus utama bagi orang-orang dengan kulit berminyak alami.

Ditambah lagi, lidah buaya penuh dengan multivitamin bergizi kulit, termasuk vitamin C dan E dan beta-karoten, yang semuanya membantu memperbaiki berbagai bentuk kerusakan kulit serta mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

  1. Yogurt

Yogurt banyak digunakan dalam pengobatan kecantikan untuk berbagai manfaat menyembuhkan kulit. Ini sangat menghidrasi dan menunjukkan aktivitas antimikroba yang membantu melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Salah satu komponen utama yogurt adalah asam laktat, yang membantu melonggarkan sel-sel kulit mati sehingga lebih mudah ditumpahkan. Dengan demikian, mengoleskan yogurt ke wajah Anda dapat membantu memfasilitasi regenerasi kulit untuk mengurangi visibilitas tanda-tanda penuaan dini, noda, dan warna dari waktu ke waktu. Vitamin B yang ditemukan dalam yogurt dapat lebih meningkatkan proses ini dan sedikit memutihkan kulit untuk memberikan cahaya alami.

  1. Minyak Kelapa

Asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa tidak hanya melembabkan kulit Anda tetapi juga membentuk penghalang tebal di atasnya untuk mencegah kehilangan air transepidermal dan untuk melindungi dari iritasi eksternal.

Dengan kata lain, minyak kelapa menjebak kelembapan yang melekat pada kulit Anda agar tetap terhidrasi lebih lama. Dengan demikian, agen penghidrasi ini membantu mengobati serta mencegah kekeringan kulit.

Minyak kelapa juga penuh dengan asam linoleat, yang dikenal untuk menenangkan kulit yang teriritasi, termasuk kulit yang berjerawat. Ini juga mengandung asam laurat, yang sifat antimikrobanya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit dan mengekang peradangan.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait