Tips Melebatkan Bulu Mata Dengan Bahan Alami

13 Agustus 2022, 21:05 WIB

Hariankota.com – Setiap wanita pasti menginginkan untuk memiliki bulu mata lentik alami. Dilansir dari klikdokter, berikut adalah sejumlah cara melebatkan bulu mata yang dapat Anda coba: 

  1. Mengonsumsi Cukup Protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut dan bulu mata.

Makanan sehat yang tinggi protein, contohnya ikan, telur, kacang-kacangan, dan yoghurt.

Di antara semua makanan berprotein, kedelai adalah yang terbaik. Kacang kedelai mengandung berbagai vitamin yang berguna untuk menunjang lebatnya pertumbuhan bulu mata.

  1. Kompres Teh Hijau

Teh hijau diketahui banyak mengandung flavonoid, isoflavon, dan antioksidan lain yang baik untuk kesehatan rambut.

Selain mengonsumsinya sebagai minuman, teh hijau juga dapat digunakan sebagai kompres bulu mata.

Caranya, gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke dalam teh hijau. Kompres bagian bulu mata Anda selama beberapa menit, dan bilas dengan air mengalir setelahnya.

  1. Menggunakan Kemiri

Sejak dahulu kemiri telah dimanfaatkan untuk melebatkan rambut. Karena itu, penggunaan rempah dapur ini bisa menjadi cara mudah membuat bulu mata tampak tebal dan panjang.

Kemiri dapat digerus, kemudian dioleskan pada akar hingga batang bulu mata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih setelahnya.

  1. Serum Alami Minyak Zaitun

Minyak zaitun tak hanya dapat digunakan untuk masakan Anda. Jenis minyak ini nyatanya merupakan serum alami untuk bulu mata.  

Caranya, celupkan ujung sisir maskara yang telah dibersihkan ke dalam minyak zaitun. Sisir dari arah akar hingga ke ujung bulu mata. Diamkan semalaman, dan bilas saat esok paginya.

  1. Memanfaatkan Lidah Buaya

Salah satu cara melebatkan bulu mata adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya kaya akan vitamin serta asam amino. 

Untuk memperoleh manfaat tersebut, oleskanlah gel lidah buaya dari akar hingga ujung bulu mata menggunakan sisir maskara atau cotton bud.

Jika malas menggunakan lidah buaya asli, sekarang sudah banyak dijual gel lidah buaya siap pakai. Pastikan membeli produk yang berlabel BPOM agar kualitas dan keamanannya terjamin.

  1. Minyak Almond

Almond kaya akan magnesium. Kandungan magnesium pada almond sangat baik untuk kesuburan rambut dan bulu mata

Cara untuk melakukannya adalah oleskan minyak almond pada bulu mata sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, jangan lupa bersihkan sembari mencuci muka. Gunakan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Air Kelapa Muda

Selain rasanya yang segar, air kelapa juga mengandung mineral dan vitamin yang tinggi. Mineral dan vitamin ini sangat efektif jika digunakan untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Caranya, diamkan air kepala muda selama satu malam. Setelah itu, oleskan air kelapa muda pada bulu mata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Minyak Argan

Penggunaan minyak argan bisa menjadi salah satu cara untuk memanjangkan dan melebatkan bulu mata Anda. Tanaman argan umum ditemukan di negara-negara Afrika Utara, seperti Maroko. 

Meskipun berasal dari tempat yang jauh, minyak argan sangat dikenal di dunia kecantikan. Kandungan vitamin A, E, dan asam lemak di dalamnya membantu mempercepat pertumbuhan bulu mata

Cara pemakaiannya sangat mudah. Anda cukup mengoleskan minyak argan di bulu mata sebelum tidur untuk mendapatkan bulu mata yang lebat. Setelah dioles, biarkan semalaman. Jangan lupa bilas pada keesokan harinya.

  1. Minyak Rosemary

Rosemary telah lama dikenal sebagai penyubur rambut. Hal ini dikarenakan kandungan minyak rosemary dapat menstimulasi pertumbuhan folikel rambut, termasuk bulu mata

Oleh karena itu, minyak rosemary cocok untuk Anda aplikasikan pada bulu mata untuk membuatnya tebal dan lentik.

Cara penggunaannya, oleskan minyak rosemary pada bulu mata sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari mencuci muka.

Berita Terkait