Solo Miliki Tim dan Sekretariat Terpadu Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme dan Terorisme

11 Oktober 2022, 13:15 WIB

SOLO, Hariankota.com – Pemkot Solo gelar peluncuran Tim dan Sekretariat Terpadu pencegahan dan penanggulangan ekstrimisme dan terorisme, Selasa (11/10) di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, keberadaan tim ini diharapkan bisa mengurangi tindakan ekstremisme.

“Pembentukan tim ini urgen banget di kota lain ya durung ono soale Solo ini beda, mudah-mudahan seperti itu nanti penanganannya,” papar Gibran.

Diharapkan dengan adanya tim ini dapat mengurangi risiko ancaman terorisme di kota Solo. Sekaligus bentuk antisipiasi radikalisme baru.

“Harapannya mengurangi tindakan ekstrimisme, pembentukan tim ini urgen banget di kota lain ya durung ono soale Solo ini beda, mudah-mudahan seperti itu penanganannya harus tepat,” lanjutnya.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Solo, Indradi menyebut Tim dan Sekretariat Terpadu ini dibentuk berdasar pada Peraturan Presiden RI (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan (RAN PE) yang mengarah pada terorisme tahun 2020-2024.

“Tim ini akan melakukan aksi pencegahan yang konkret,” tuturnya

Nantinya juga merumuskan dan menyusun agenda untuk melakukan kampanye pencegahan terjadinya ekstrimisme dan terorisme di kalangan masyarakat.

“Kitw sosialisasi, kemudian ada kajian-kajian dan yang paling penting disini adalah kolaborasi dan komponen masyarakat,” pungkasnya.

Berita Terkait