Pilkades Serentak di Karanganyar, Bupati Karanganyar : Aman dan Kondusif

9 November 2022, 12:11 WIB

KARANGANYAR, HARIANKOTA.COM –  Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak digelar serentak di 11 desa di Kabupaten Karanganyar, Rabu (9/11/2022). Diantaranya Desa Blulukan dan Klodran di Kecamatan Colomadu, Desa Buntar dan Kaliboto (Mojogedang), Desa Ngadiluwih (Matesih), Desa Dukuh (Ngargoyoso), Desa Toh Kuning dan Harjosari (Karangpandan).

Bupati Karanganyar Juliyatmono melakukan pemantauan Pilkades serentak dimulai dari wilayah Colomadu. Setelahnya Juliyatmono memberikan hak pilihnya di kelurahan Ngijo.

“Sempat zoom dengan Dispermades Provinsi dan Dirjen Kementrian Dalam Negeri memantau langsung tentang kesiapan dan sistem penyelenggaraan Pilkades berdasar Permendagri dan surat edaran Mendagri,” papar Juliyatmono, Rabu (9/11). 

Juliyatmono berpesan jalannya pesta demokrasi di tingkat desa ini harus dihormati dan dijaga dengan baik. Semua warga dapat menggunakan hak pilihnya dengan nyaman.

“Jangan main-main dan jangan ganggu pesta demokrasi di desa, semua harus tenang,”pesan bupati.

“Dari pagi, saya cek ke beberapa lokasi. Kesiapan desa dalam menyelenggarakan pilkades sudah baik. Situasinya juga kondusif,” lanjutnya lagi.

Ditambahkan Juliyatmono ada yang unik dan sedikit menggelitik dalam pelaksanaan Pilkades. Seperti di Buntar, Mojogedang. Dimana calon kades di Buntar datang ke lokasi TPS jam 01.00 WIB. 

“Namun dari pihak panitia tetap memfasilitasi. Karena itu adalah kultur yg tidak bisa dihilangkan menurut keyakinan mereka. Kearifan lokal setempat,” pungkasnya.

Berita Terkait