Panci Anda Gosong, Jangan Panik. Gunakan Bahan Ini Untuk membersihkan

11 Oktober 2022, 19:36 WIB

Foto : cleanipedia.com

Hariankota.com – Memiliki panci gosong sangat menjengkelkan. Namun dengan beberapa bahan murah dan mudah dicari bisa menjadi solusi agar panci kembali bersih.

Dilansir dari berbagai sumber, cara membersihkan panci gosong yang mudah dilakukan dan hasilnya benar-benar ampuh. Silahkan mencoba.

  1. Pakai Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Biasanya piring dan alat masak dicuci dengan air biasa dicampur cairan pencuci. Namun untuk panci dalam kondisi gosong gak bisa dicuci hanya dengan air biasa. Sangat disarankan untuk mencuci panci gosong memakai air panas. Pencucian dengan air panas dinilai jauh lebih efektif dan bisa membantu proses pengelupasan kerak yang gosong lebih cepat.

Caranya mudah, tuangakn sedikit cairan sabun cuci piring ke bagian panci yang gosong. Kemudian rendam panci tadi dengan menggunakan air panas semalaman penuh. Baru keesokan harinya tinggal dibilas dan digosok di bagian yang gosong tadi.

  1. Gunakan Cuka sebagai Pengganti Air

Caranya pun mudah, tinggal tuangkan saja cuka secukupnya ke bagian panci yang gosong kemudian diamkan selama beberapa menit.

Selanjutnya gosok bagian panci yang gosong perlahan agar tidak merusak permukaan panci.

  1. Gunakan Baking Soda

Baking soda memang jadi salah satu bahan yang sering diandalkan untuk membersihkan berbagai jenis noda. Bahan ini sangat mudah untuk dijumpai dan harganya juga ramah di kantong.

Tuangkan baking soda ke panci. Setelah itu tuangkan air hangat dan rendam beberapa menit. Jika sudah selesai direndam, gosok panci menggunakan sendok atau spatula kayu secara perlahan.

  1. Bersihkan dengan Irisan Buah Lemon

Cara membersihkan panci gosong dengan irisan buah lemon sangatlah mudah. Iris tipis buah lemon kemudian tata di atas panci. Setelah itu isi panci dengan air lalu panaskan di atas api sampai air mendidih. Jika sudah mendidih, buang air lalu bersihkan dengan air mengalir. Jangan lupa, gosok juga permukaan panci yang gosong pakai spons cuci piring secara perlahan.

  1. Soda Tawar

Ada juga cara lain yang bisa dicoba untuk membersihkan panci gosong yaitu dengan menggunakan soda tawar. Soda tawar punya kandungan yang bisa mengangkat aneka jenis kotoran termasuk kerak gosong yang menempel pada panci. Bahan ini juga terbilang aman dan sangat mudah untuk ditemukan.

Rendam panci gosong dengan soda tawar untuk beberapa saat. Kemudian gosok secara perlahan dan bilas dengam air. Soda tawar membuat kerak jadi lebih lunak dan lebih mudah dibersihkan.

Berita Terkait