Nyanting Bareng, Cara Unik Solia Zigna Peringati Hari Batik

1 Oktober 2022, 22:09 WIB

Hariankota.com – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming menghadiri acara “Nyanthing Bareng” dalam rangkaian Festival Laweyan menyambut Hari Batik 2022 di Hotel Solia Zigna, Sabtu (1/10).

Gibran juga menyempatkan diri untuk membatik bersama ratusan peserta termasuk Camat Laweyan, Lurah se Kecamatan Laweyan, Putra Putri Solo, pegawai hotel, wisawatan, hingga perajin batik juga ikut acara tersebut.

Terlihat orang nomor satu di kota Solo itu Gibran menyelesaikan sketching atau menggambar pola batik dalam waktu kurang dari setengah jam.

Setelahnya Gibran kemudian melanjutkan proses mewarnai pola batik yang sudah ia gambar.

Nyanting Bareng merupakan bagian dari peringatan Hari Batik 2 Oktober. Selain itu acara juga dimeriahkan dengan penampilan peragaan busana batik dengan iringan tari, musik, dan nyanyian etnik.

Ketua Panitia Festival Laweyan 2022, Tom Festarandi, mengatakan peserta Nyanting Bareng berasal dari seluruh kalangan masyarakat. Di antaranya dari komunitas, karyawan hotel, wisatawan, dan pembatik sendiri. Tak hanya itu, beberapa lurah Kecamatan Laweyan juga turut membatik.

“Peserta nyanting itu umum. Ada dari komunitas, karyawan hotel, wisatawan dan profesional. Ada juga tadi salah satu dari,” tutupnya.

Berita Terkait