KA Batara Kresna, Solusi Murah dan Anti Macet untuk Perjalanan Solo-Wonogiri

29 November 2022, 20:00 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta memiliki layanan transportasi yang dapat digunakan masyarakat untuk bepergian dari Solo ke Wonogiri maupun sebaliknya yaitu Kereta Api (KA) Batara Kresna.

KA Batara Kresna memiliki rute Stasiun Purwosari-Stasiun Wonogiri pergi pulang (PP).
Dengan melewati stasiun seperti Stasiun Solokota, Sukoharjo, dan Pasarnguter, KA Batara Kresna pun menjadi solusi yang murah dan anti macet bagi masyarakat yang berdomisili maupun sering bepergian ke tempat-tempat tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo dalam kegiatan Sosialisasi KA Batara Kresna yang dilakukan di dalam perjalanan KA Batara Kresna pada Selasa (29/11).

Ia mengatakan bahwa KA Batara Kresna memiliki waktu tempuh dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Wonogiri selama 1 jam 45 menit dengan kecepatan 10-30 km/jam.

“Bagi masyarakat yang menghindari macet ataupun capek ketika ingin bepergian dari daerah Solo ke Wonogiri atau sebaliknya dapat menggunakan KA Batara Kresna. Selain itu, tiket KA Batara Kresna juga sangat terjangkau bahkan bisa dibilang relatif murah yaitu hanya Rp 4.000,- saja,” terangnya.

Penumpang juga dapat menikmati tiap pemandangan mengesankan dari luar kereta yang tersaji. Dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota, Batara Kresna akan berjalan bersisian di Jalan Raya Slamet Riyadi menunjukkan kepada penumpang pemandangan ramainya Kota Solo.

Setelah itu perlahan pemandangan akan tergantikan dengan hijaunya persawahan yang membuat hati tentram. Rel Kereta di Wonogiri yang berada di kaki Gunung Gandul termasuk dataran tinggi sehingga membuat penumpang dapat melihat sedikit landskap wilayah kota Wonogiri.

Franoto melanjutkan, untuk membeli tiket KA Batara Kresna terbilang sangat mudah. Masyarakat dapat membeli tikenya pada hari keberangkatan melalui KAI Access atau secara langsung di loket stasiun sesuai dengan jam buka loket.

“Oleh karenanya bagi masyarakat yang tidak ingin ribet harus datang ke stasiun, belum lagi antri dan masih harus nunggu loket buka, maka bisa memesan tiketnya secara online menggunakan aplikasi KAI Access. Cukup dari rumah, di pesan pada hari keberangkatan, ” jelasnya.

Dalam satu hari, saat ini terdapat 4 perjalanan KA Batara Kresna, dua kali keberangkatan dari Stasiun Purwosari dan dua kali keberangkatan dari Stasiun Wonogiri. Rils

Berita Terkait