Inilah Jenis Minuman Yang Disajikan Saat Imlek

20 Januari 2023, 17:53 WIB

Foto: Lazada

HARIANKOTA.COM – Perayaan Imlek merupakan perayaan Tahun Baru Cina yang biasanya jatuh pada bulan pertama atau kedua setiap tahunnya. Biasanya disajikan makanan dan kue kering, minuman khas imlek.

Inilah beberapa minuman khas yang biasanya disajikan saat perayaan Imlek, dilansir dari berbagai sumber :

  1. Minum Khas Imlek Tieguanyin

Ini sejenis teh oolong Cina dengan warna yang sangat jernih dan rasa yang manis. Biasanya disajikan kondisi hangat, dapat meredakan panas dalam serta membuat tubuh dan pikiran yang lelah jadi lebih rileks.

  1. Kopi Yunnan

Sesuai dengan namanya, biji kopi ini berasal dari salah satu daerah di China bernama Yunnan. 

Tidak hanya itu, kopi ini juga sangat terkenal karena rasa dan aromanya yang khas. Tentunya, minuman seperti ini sangat cocok kamu nikmati bersamaan dengan kue Imlek sambil berbincang dengan keluarga. 

  1. Jus Jeruk

Tidak melulu harus minuman bersoda, ternyata jus jeruk segar merupakan menu yang sering dan wajib disajikan untuk para tamu atau kerabat yang datang ke rumah. 

Selain menyehatkan, buah satu ini melambangkan kekayaan dan keberuntungan menurut tradisi perayaan Imlek. Apalagi, minuman ini juga akan menyegarkan kerongkongan setelah memakan kue kering yang kerap membuat tenggorokan terasa ‘panas’. 

  1. Jus buah Plum.

Buah plum dalam tradisi Imlek melambangkan nasib baik dan keberuntungan. Mungkin tidak banyak dari kita yang mengonsumsi buah merah satu ini.

Rasanya yang manis cocok kamu sajikan dengan kue kering. Bisa saja mengolah buah antioksidan ini menjadi jus yang menyegarkan. 

  1. Teh Krisan

Minuman satu ini selain dijadikan minuman khas Imlek, banyak orang mengonsumsi teh bunga ini dipercaya bisa sembuhkan sakit tenggorokan.

Jenis bunga krisan warna kuning ini memang sudah dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit sejak jaman Dinasti kuno, seperti penyakit saraf dan flu. Selain itu, wanginya yang lembut juga dapat membuatmu merasa rileks dan nyaman. 

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai ini memang sering dikonsumsi masyarakat Cina karena kaya akan nutrisi dan menyehatkan.

Tidak hanya itu, banyak orang menganggap minuman ini cocok mendampingi hidangan makanan berat dan makanan ringan.

Berita Terkait