Ini Cara Mudah Hilangkan Pegal Linu Usai Berolahraga

Cara hilangkan pegal linu usai berolahraga

19 Agustus 2022, 07:10 WIB

Hariankota.com – Rutin berolahraga membuat kondisi tubuh sehat sekaligus terhindar dari beragam penyakit. Olahraga saat ini bagian dari gaya hidup sehat. Karena baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, tulang, dan otot.

Terkadang usai berolahraga tubuh terasa pegal dan juga linu dan kondisi tersebut hal yang normal dan biasa terjadi. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan mengatasi pegal usai berolahraga, dilansir dari laman halodoc.

  1. Terus bergerak

Saat sinyal tubuh telah mengirimkan pesan karena tubuh lelah berolahraga dan ingin istirahat, biarkan tubuh tetap bergerak namun dengan gerakan ringan dan pelan.

  1. Kompres Hangat

Jika otot masih terasa pegal setelah 48 jam, coba kompres hangat dengan hati-hati. Cara ini dapat merangsang aliran darah ke otot untuk mengurangi ketegangan dan membantu otot jadi lebih baik. Kamu juga bisa menggunakan handuk hangat atau bantal pemanas.

  1. Lakukan Pijatan

Pijatan dapat meredakan pegal linu atau ketegangan otot, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan jangkauan gerak sendi. Saat pegal linu, pijat lembut adalah yang terbaik. 

  1. Konsumsi Obat Anti-inflamasi

Obat anti-inflamasi dapat mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit. Cobalah konsumsi aspirin atau ibuprofen. 

Berita Terkait