Bunut Bolong, Landmark Jembrana yang Instagramable

7 Oktober 2022, 19:09 WIB

wonderful.jembranakab.go.id

Hariankota.com – Bunut Bolong adalah pohon bunut raksasa di desa Manggisari di Jembrana, Bali Barat. Pohon bunut raksasa yang berusia sangat tua ini adalah landmark alam yang disucikan oleh penduduk setempat.

Sebuah pohon raksasa namun ditengahnya bolong dan bisa dilewati kendaraan untuk berlalulalang. Usia pohon tersebut dipercaya masyarakat sudah berabad-abad.

Dilansir dari laman wonderful.jembranakab.go.id, kata “Bunut” adalah kata Bali untuk jenis pohon tertentu yang memiliki karakteristik yang mirip dengan beringin, dan kata “Bolong” berarti “lubang”.

Dengan begitu Bunut Bolong berarti pohon Bunut yang memiliki lubang di dalamnya. Sekilas mendengar namanya kita sudah terbayang, Bunut adalah pohon yang memiliki kemiripan karakteristisk dengan beringin.

Dengan akar-akar yang bergelantungan dari batangnya yang langsung menyentuh permukaan tanah, menjadi batang baru disertai lekukan-lekukan yang indah, dan uniknya di tengah-tengah pohon ada lubangnya seolah seperti sebuah lorong, yang diameternya bisa untuk lalu lalang kendaraan dengan leluasa.

Landmark Bali yang unik ini terletak di daerah dataran tinggi yang sejuk. Kabut sering terjadi di pagi hari dan sore hari. Ini menambah aura magis ke situs.

Bunut Bolong praktis menjadi sorotan di tengah perjalanan. Tidak ada biaya kunjungan dan kebanyakan pengunjung yang berkunjung biasanya akan menuju ke beberapa warung atau warung pinggir jalan yang menjual makanan ringan dan minuman di dekatnya.

Berita Terkait