BPBD Solo Pelatihan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Tahun 2022

30 Agustus 2022, 23:05 WIB

Hariankota.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta menyelenggarakan kegiatan Gladi Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Kota Surakarta Tahun 2022.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pemangku kepentingan dan petugas dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana di Kota Surakarta.

Selain itu, untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pelaku usaha yang memiliki fasilitas gedung bertingkat dan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana untuk menjadikan Kota Surakarta menjadi kota yang tangguh bencana.

Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa memberikan apresiasi atas diselenggarakannya apel yang diikuti berbagai elemen

“Hal tersebut sebagai langkah kesiapsiagaan Kota Surakarta dalam menghadapi risiko bencana,” ucapnya, Selasa (30/8).

Kota Surakarta tidak luput dari potensi bencana, baik alam maupun non alam. Misalnya, saat musim kemarau seperti saat ini rawan terjadi kebakaran.

“Kegiatan ini menjadi titik awal dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bencana di sekitar kita termasuk sekolah, kantor-kantor, terutama gedung bertingkat,” terangnya.

Dalam gladi tersebut, dilakukan simulasi kejadian gempa bumi, angin puting beliung dan kebakaran yang dimungkinkan terjadi di wilayah Kota Surakarta dengan tujuan untuk pengurangan risiko bila terjadi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Surakarta, Nico Agus Putranto, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program BPBD yang melibatkan seluruh komponen, baik TNI, Polri, relawan, organisasi perangkat daerah (OPD) dan dinas terkait.

“Ini wujud koordinasi dan kolaborasi kami. Sehingga, seluruh masyarakat Kota Surakarta supaya bisa tangguh bencana,” ungkap Nico.

Kegiatan gladi tersebut melibatkan seratus personel dari lintas instansi dan relawan, antara lain, BPBD, TNI, Polri, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Diskominfo, Basarnas, PMI, FORSAR, SAR Universitas Sebelas Maret (UNS), SAR PKU, SAR MTA, SAR MDMC, SAR Rajawali Merah Putih, SAR 4×4, dan Hotel Megaland.

Berita Terkait