Belasan Pesawat TNI AU Pamerkan Terbang Dengan Formasi 77 di Langit Jakarta

Sumber Foto: Dispenau 

17 Agustus 2022, 20:12 WIB

Hariankota.com- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) melalui Garuda Flight akan melakukan terbang formasi 77 dan melintas di atas Istana Negara pada upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 2022, Rabu (17/8/2022).

Dilansir dari InfoPublik.id, Garuda Flight yang terdiri dari 14 Pesawat F-16 dan Nusantara Flight yang terdiri dari delapan helikopter gabungan TNI-POLRI akan terbang membentuk formasi 77 dan helikopter Gabungan Nusantara Fligh yang akan membawa bendera merah putih Raksasa serta dialog dengan para pilot yang terlibat.

Menurut Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, momen gladi terbang formasi Garuda Flight diabadikan melalui foto-foto istimewa.

Foto tersebut menjadi istimewa karena pengambilan foto udara dilaksanakan dari Pesawat F-16 BM TS-1602 oleh penerbang Kapten Pnb Jaka Arastya dan fotografer Letda Pnb Chandra Yudha Bakti.

“Pengambilan foto-foto tersebut sangat sulit karena harus dilakukan dengan Manuver presisi dan waktu yang cepat,” kata Kasau dikutip akun FB TNI AU.

Selain untuk keperluan dokumentasi, foto udara yang diambil oleh para penerbang F-16 tersebut dapat digunakan sebagai alat evaluasi tingkat presisi dari formasi angka tujuh tujuh yang sudah dilatihkan.

Kasau menyatakan bahwa TNI-Polri khususnya TNI AU patut bersyukur karena diberi kepercayaan untuk mengisi rangkaian HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Lebih lanjut, Kasau memberikan apresiasi kepada seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan Garuda Flight dan Nusantara Flight yang telah mendedikasikan kemampuannya pada latihan selama tiga hari ke belakang dan meminta untuk mempertahankannya.

“Sebagai aircrew dan insan aviasi, kita memiliki bahasa yang sama yaitu safety dan prosedur. Apapun yang telah dilatihkan, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Kasau.

Kasau juga berharap kepada seluruh unsur yang terlibat untuk tetap memperhatikan faktor keselamatan atau safety dalam setiap pelaksanaan tugas pada kegiatan Garuda Flight dan Nusantara Flight tersebut.

Kasau menambahkan Nusantara Flight terdiri dari  delapan  helikopter dipimpin Flight Leader Letkol Pnb Imanuel Hutabarat. Nusantara Flight terbentuk dari dua helikopter NAS-332 Skadron Udara 6 dan dua helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja Bogor serta melibatkan helikopter TNI AD (2 AH-64 Apache), TNI AL (2 AS-565 Mbe Panther) dan Polri (2 AW-169).

Berita Terkait