Bantu Turunkan Kadar Gula Darah, Bisa Konsumsi Ini Lho

7 November 2022, 01:06 WIB

Kayu Manis

JAKARTA, HARIANKOTA.COM – Kadar gula darah yang tinggi dapat menjadi indikator awal diabetes dan dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh, jika tidak ditangani dengan benar.

Inilah beberapa jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi dan dapat memperkaya kesehatan manusia sekaligus menurunkan kadar gula darah yang meningkat.

  1. Kayu Manis

Kayu manis membantu dalam meningkatkan pengangkutan glukosa ke dalam sel sambil menjaga kadar insulin dan dengan demikian mengurangi kadar gula darah dan memerangi diabetes. Bahkan mengurangi indeks massa tubuh (BMI) pada orang yang menderita diabetes. Kayu Manis adalah tambahan yang bermanfaat untuk diet karena dapat mengatur kadar lipid dan membantu mengelola berat badan.

  1. Yoghurt

Makanan fermentasi seperti yoghurt mengandung probiotik yang dapat bekerja dengan sangat baik pada kadar gula darah tinggi sekaligus meningkatkan kesehatan usus, pencernaan, dan berkontribusi pada kesehatan jantung. Tambahkan ke makanan Anda, konsumsi sebagai camilan atau campur dalam smoothie Anda untuk hasil yang efektif.

  1. Okra

Okra alias bhindi mengandung jumlah flavonoid yang sangat baik, antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menurunkan kadar gula darah tinggi. Senyawa yang dikenal sebagai polisakarida juga ditemukan dalam makanan super ini yang dapat memiliki efek drastis pada peningkatan kadar gula darah.

4.Sayuran berdaun hijau

Kalium rendah juga berkontribusi pada kadar gula darah tinggi dan selanjutnya meningkatkan risiko diabetes dan komplikasinya. Sayuran berdaun dipenuhi dengan banyak nutrisi sehat jantung termasuk serat dan potasium yang dapat menjaga kadar gula darah. Bayam, methi, kubis dll. mengandung banyak vitamin dan mineral dan langsung dari smoothie, dan saus sandwich, hingga sayuran tumis – konsumsi makanan super ini dengan banyak cara untuk menikmati rasa dan kebaikan nutrisi, semuanya dalam satu. 

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh mengandung banyak nutrisi yang merupakan berkah bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Biji-bijian utuh memiliki jumlah serat larut yang baik yang akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah, membuat Anda kenyang dan menurunkan berat badan. 

Biji-bijian utuh termasuk gandum, quinoa, dan gandum utuh dapat dengan mudah ditanamkan ke dalam makanan Anda. Konsumsilah setiap hari untuk menyaksikan hasil yang signifikan.

Berita Terkait