UNS Gelar PKKMB Mahasiswa Pasca Sarjana

15 September 2022, 21:35 WIB

Hariankota.com -Sekolah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Kamis (15/9/2022). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS ini ditujukan bagi mahasiswa program magister dan doktor periode 1.

Ratusan mahasiswa baru UNS dari berbagai provinsi dan negara hadir mengikuti kegiatan ini. Turut hadir pula Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus dan Dekan Sekolah Pascasarjana UNS, Prof. Sutarno.

Dalam sambutannya, Prof. Ahmad Yunus berpesan agar para mahasiswa baru dapat tetap menjaga kualitas akademik sesuai dengan kurikulum yang disediakan oleh UNS.

“Ada peraturan dan kualifikasi bagi mahasiswa magister dan doktor yang harus dipenuhi untuk lulus yang disetarakan dengan kualitas internasional. Oleh karena itu, meskipun kuliahnya di UNS, tapi kualitasnya kami samakan dengan standar internasional,” jelasnya.

Prof. Ahmad Yunus menambahkan bahwa sebagai syarat kelulusan, mahasiswa harus menerbitkan publikasi internasional.
“Mahasiswa sejak semester 1 sudah diarahkan untuk menentukan mau menulis penelitian tesis atau disertasi tentang apa. Jadi, memang harus disiapkan sungguh-sungguh karena S-2 waktunya pendek. Kalau engga siap, nanti kaget tau-tau sudah semester tiga,” tambahnya.

Seusai sambutan dari Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dekan Sekolah Pascasarjana UNS, Prof. Sutarno. Beliau menyampaikan bahwa perkuliahan di jenjang pascasarjana harus dinikmati, tetapi juga harus sembari menyelesaikan syarat ujian.

“Para mahasiswa baru harus bisa adaptasi dengan budaya di Solo. Hargai norma-norma yang berlaku dan harus bisa lulus tepat waktu,” tutur Prof. Sutarno.

Berita Terkait