Tour de Borobudur XXII 2022, Start Dari Manahan Solo Menuju Borobudur

6 November 2022, 10:07 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Event Bank Jateng Tour De Borobudur (TDB) XXII 2022 digelar selama 2 hari. Mulai Sabtu dan Minggu (5-6/10).

Selama dua hari, ada sekitaran 1.500-an orang peserta dari seluruh Indonesia ditantang untuk melewati rute yang berbeda dan ditentukan sebelumnya.

Hari pertama TDB XXII 2022 diikuti oleh kategori elite dengan rute ekstrem dan panjang hingga 138 kilometer. Untuk hari kedua diikuti oleh peserta campuran dengan jarak tempuh sejauh 104 kilometer.

Stadion Manahan Solo dipilih untuk menjadi titik start event tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah itu. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka turut melepas para peserta dengan mengibarkan bendera checkered flag di titik start pada hari kedua sekitar pukul 06.00 WIB.

Terlihat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin rombongan pesepeda dengan rute Stadion Manahan Solo-Candi Prambanan-Agribisnis Tempel-Candi Borobudur.

Gibran sebut TDB 2022 sejalan dengan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk segera memulihkan perekonomian di kota Solo khususnya dengan menggiatkan sportourism.

“Pasca-pandemi kami kan lagi genjot sportourisme,” papar Gibran.

Ketua Pelaksana Bank Jateng Tour De Borobudur XXII DH Darmanto mengatakan pihaknya mendukung program sport and tourism dari Pemprov Jateng untuk mendorong kebangkitan sektor tersebut dari 2 tahun keterpurukan yg diakibatkan oleh Covid 19, dengan mengusung tema Recover Together, Recover Stronger.

“Caranya memberdayakan anak berkebutuhan khusus, memberikan kemudahan pada atlet untuk mengukir prestasi,” pungkasnya.

Berita Terkait