Ratusan Siswa SMP Muhammadiyah PK Cosplay Bertema Pahlawan Nasional

11 November 2022, 12:09 WIB

SOLO, HARIANKOTA.COM – Ratusan siswa kelas 7, 8, dan 9 dari SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta gunakan kostum pahlawan nasional, Jumat (11/11)  

Seperti K.H. Ahmad Dahlan, Ir. Soekarno, Dr. Soetomo, Jenderal Sudirman, dan beberapa tokoh lainnya.

Muhdiyatmoko, Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menjelaskan kegiatan jalan sehat cosplay pahlawan nasional tokoh Muhammadiyah pada hari ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional dan menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah Aisyiyah di Solo

“Kegiatan ini sebagai upaya sekolah untuk menginternalisasi nilai-nilai kejuangan dan kemuhammadiyahan dalam diri para siswa,” jelasnya dalam rilis tertulis yang diterima RMOLJateng, Jumat (11/11) sore.  

Ditambahkan Muhdiyatmoko, melalui  kreativitas cosplay pahlawan nasional ini dapat menanamkan nilai-nilai perjuangan sejak dini. 

“Sekaligus menanamkan nilai-nilai nasionalisme sejak dini sehingga anak-anak sebagai calon pemimpin bangsa semakin tambah kecintaan terhadap pemimpin bangsa dan tanah air,”  imbuhnya. 

Dhafa Krisna Bagus Harjanto, siswa kelas 7 mengaku senang mengikuti acara tersebut. Dhafa lebih memilih memakai kostum pahlawan Bung Tomo. 

“Sosok Bung Tomo seorang yang tegas dalam membela tanah air. Kota generasi muda tidak boleh melupakan jasa pahlawan, menjadi lebih nasionalisme, dan tidak boleh melupakan negara sendiri,” pungkasnya.

Berita Terkait