Pemerintah Ijinkan Kompetisi Liga 1 Berlanjut, Tapi Tanpa Penonton

5 Desember 2022, 22:16 WIB

JAKARTA, HARIANKOTA.COM – Kompetisi Liga 1 nasional yang sebelumnya sempat terhenti karena tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022, akhirnya Pemerintah resmi mengeluarkan izin kelanjutan kompetisi sepak bola Liga 1 musim 2022/2023.

Menko Polhukam Mahfud MD bersama Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan resminya sampaikan pemerintah telah memutuskan untuk kembali menggelar Liga 1 musim 2022/2023.

“Kompetisi liga itu diizinkan tanpa ada penonton,” jelas Mahfud dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Senin (5/12/2022).

Ditambahkan Mahfud kompetisi ini dibawah kendali Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) atau Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dan Polri menjamin dari sisi keamanannya.

” Bapak Kapolri itu sudah menjamin segi-segi keamanannya,” lanjutnya.

Terkait tragedi Kanjuruhan, rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) sudah hampir semuanya dilakukan. Salah satu rekomendasi utama TGIPF yaitu Peraturan Polisi (Perpol) yang memuat keamanan sudah diterbitkan Kapolri

“Sementara itu proses-proses hukum yang sedang berjalan akan terus berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Jadi semua yang disampaikan oleh TGIPF itu sejauh menyangkut internal pemerintahan, itu sudah mulai berjalan untuk perbaikan ke depan,” pungkas Mahfud.

Berita Terkait