Mobil Listrik Karya Mahasiswa Tehnik UMS Mejeng di Masta-PMB

Foto istimewa

28 Agustus 2022, 00:40 WIB

Hariankota.comMobil listrik Made In Mahasiswa Fakultas Tehnik UMS dipamerkan dalam kegiatan Expo Unit Kegiatan Mahasisawa (UKM) Masa Ta’aruf dan Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) di Edutorium KH Ahmad Dahlan, Sabtu (27/8/2022).

Rektor UMS, Prof Dr. Sofyan Anif mengaku bangga mahasiswa Fakultas Tehnik UMS berhasil membuat membuat mobil.

“Saya bangga dan terharu. Ada 1 tim dari mahasiswa yang menemui saya dan mengatakan jika mereka baru saja membuat mobil,” jelas Rektor UMS saat memberikan sambutannya.

Mahasiswa (fakultas) teknik merancang sebuah mobil listrik, tipe prototipe yang bernama Ababil Evo Generasi 3.

Dia menyebut, mengklaim, mobil listrik karya mahasiswa UMS ini juga menorehkan prestasi tingkat nasional maupun internasional.

Mobil ini pernah meraih prestasi, sebagai pendatang terbaik di event international Econo Move di Akita, Jepang.

“Kemudian juara 2 di Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2020, yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” lanjutnya.

Ababil Evo Generasi 3 juga disiapkan untuk mengikuti Asia Pacific Shell Eco Marathon di Sirkuit Mandalika, pada Oktober 2022. Kemudiam juga kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional di Surabaya, November 2022.

Manajer Tim ECRC UMS, Diki Rahman paparkan mobil listrik itu telah melalui sejumlah penyempurnaan sejak pertama kali dibuat pada 2017.

Ababil Evo Generasi 3 tersebut diproduksi dalam waktu 2-3 bulan, dengan bantuan 30 mahasiswa dengan beaya sekitar 35 juta.

“Ini tipe prototipe untuk lomba hemat energi. Kalau sasisnya terbuat dari bahan alumunium 6061, bodinya dari fiberglas. Semuanya kami pakai full aluminium untuk meringankan beban dan bagian-bagian vital saja yang memakai baja untuk kekuatan,” terang Diki

Mobil listrik yang berbentuk kapsul itu dapat melaju hingga kecepatan 50 km/jam. Namun saat ini hanya disetel dengan kecepatan maksimal 38 km/jam.

“Kami butuh efisiensinya, bukan top speed-nya. Sekali pengisian daya selama 2-3 jam, mobil ini bisa menempuh jarak lebih dari 10 km.” pungkasnya.

Berita Terkait