Hindari Minuman Manis Saat Diet, Berikut Minuman yang Bisa Kamu Minum saat sedang menjalani Program Diet

10 Juli 2024, 08:35 WIB

Foto Istimewa

JAKARTA,HARIANKOTA.COM – Minuman Penurun Berat Badan yang Rendah Kalori
Rekomendasi minuman penurun berat badan yang bagus untuk program diet di antaranya adalah:

  1. Air Mineral

Air putih adalah salah satu jenis minuman yang bagus untuk diet. Mengganti minuman manis dengan air mineral adalah langkah bijak untuk mengurangi asupan kalori harian.

Air mineral tidak mengandung kalori sama sekali dan minum dua gelas air sebelum makan dapat membantu menghasilkan rasa kenyang lebih cepat.

Hal ini bisa mengendalikan rasa lapar sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. Air putih juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang bagus dalam proses pembakaran lemak.

  1. Susu Skim atau Susu Kedelai

Susu skim dan susu kedelai menjadi salah satu minuman penurun berat badan yang rendah kalori, namun tetap kaya nutrisi. Satu cangkir susu skim mengandung sekitar 80 kalori, sementara satu cangkir susu kedelai mengandung sekitar 90 kalori.

Susu nabati seperti susu almond memiliki lebih sedikit kalori, sekitar 60 kalori per cangkir, namun lebih sedikit protein. Pilihannya tergantung pada ebutuhan nutrisi Anda.

  1. Teh Hijau

Minuman yang bikin berat badan cepat turun lainnya adalah teh hijau. Teh hijau tawar tanpa gula mengandung bebas kalori yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Ekstrak teh hijau telah diketahui dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

Namun, manfaatnya biasanya hanya bertahan beberapa jam sehingga disarankan untuk minum teh hijau setidaknya dua kali sehari.

  1. Jus Sayuran

Jus tanpa gula juga termasuk jenis minuman yang bisa bikin kurus. Apalagi jika dibuat dari sayur-sayuran tinggi serat.

Jus sayuran memiliki kalori yang lebih sedikit dibandingkan jus buah, tetapi tetap menyediakan nutrisi penting. Satu cangkir jus tomat memiliki sekitar 41 kalori, sementara satu cangkir jus jeruk memiliki sekitar 122 kalori.

Memilih jus dengan serat akan membantu mengendalikan rasa lapar. Namun, perlu diingat bahwa jus sayuran dapat mengandung banyak natrium, jadi pastikan untuk memilih yang rendah sodium.

  1. Kopi Hitam

Salah satu tips cepat kurus adalah rutin minum kopi hitam tanpa gula. Kopi hitam adalah minuman rendah kalori yang kaya akan antioksidan.

Satu cangkir kopi hitam tanpa tambahan memiliki nol kalori. Selain bebas kalori, kopi hitam juga membantu proses pembakaran lemak lebih cepat, sehingga diet dapat berjalan lebih maksimal.

Minum kopi hitam dalam jumlah yang tepat telah terbukti dapat meningkatkan mood, meningkatkan konsentrasi, dan menurunkan risiko terkena beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2 dan kanker.

  1. Smoothies

Smoothies merupakan minuman yang populer karena dapat diisi dengan berbagai macam buah-buahan segar dan sayuran hijau yang kaya akan serat dan nutrisi. Namun, perlu diperhatikan bahwa tambahan seperti yogurt, susu, atau pemanis bisa meningkatkan jumlah kalori.

Sebagai panduan, satu porsi smoothie berukuran sedang biasanya mengandung antara 150 hingga 300 kalori, tergantung pada bahan-bahan dan tambahan yang digunakan.

  1. Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman alami yang rendah kalori dan mengandung banyak elektrolit, seperti kalium dan magnesium. Satu porsi air kelapa (sekitar 240 ml) biasanya memiliki sekitar 45-60 kalori.

Dengan begitu, menjadikannya pilihan yang menyegarkan dan rendah kalori untuk membantu penurunan berat badan.

  1. Susu Kedela

Susu kedelai menjadi alternatif yang baik untuk Anda menghindari produk susu hewani atau memiliki intoleransi laktosa. Susu kedelai rendah lemak kaya akan protein nabati dan serat.

Satu porsi susu kedelai (sekitar 240 ml) biasanya mengandung sekitar 80-110 kalori, tergantung pada merek dan varietasnya.

  1. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak adalah sumber kalsium dan protein yang penting untuk kesehatan tulang dan otot. Biasanya, satu porsi susu rendah lemak (sekitar 240 ml) mengandung sekitar 80-120 kalori, tergantung pada merek dan jenisnya.

10. Cuka Sari Apel

Minuman herbal seperti sari cuka apel sudah terkenal efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Kandungannya diyakini dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya tanpa tambahan pemanis apapun.

Demikian daftar minuman penurun berat badan yang bisa Anda konsumsi. Perlu diingat sebaiknya konsumsi minuman tersebut jangan berlebihan.

Follow Berita Hariankota di Google News

Berita Terkait