Event Museum Dolan Klaten Ajang Edukasi Masyarakat

6 Agustus 2022, 15:30 WIB

HarianKota – Pameran keliling Musium Jawa Tengah Ranggawarsita hadir di Kabupaten Klaten. Pameran tersebut diinisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Event bertajuk Museum Dolan Klaten tersebut juga menghadirkan Museum Daerah Klaten, Omah Wayang Klaten, Museum BPK RI Magelang, Monumen Pers Nasional, Museum BPSMP Sangiran, Museum Rembang Putih Tuban, BPCB Jateng, Museum Samudra Raksa, Expo SMK/SMA, Kisah Tanah Jawa, dan UMKM Klaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menyelenggarakan Museum Dolan Klaten. Kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan oleh Museum Ranggawarsita di Jawa Tengah dan sekaligus merayakan hari jadi ke-218 Kabupaten Klaten.

“Semoga menambah hasanah bagi anak-anak kita, karena di sini banyak replika-replika museum yang ada di Provinsi Jawa Tengah, lengkap disajikan. Harapan saya karena ini dilaksanakan selama tanggal 4 hingga 8 Agutus, saya minta Kepala Dinas Pendidikan untuk koordinasi dengan Kepala Sekolah agar para siswa bisa hadir di sini (Museum),” jelasnya dikutip dari jatengprov.go.id.

Menurutnya, museum adalah pusat kemajuan kebudayaan serta ruang edukasi yang menyenangkan. Terlebih, untuk masuk museum ini tidak dikenakan biaya.

“Semoga (pameran museum Keliling Ranggawarsita) mendukung potensi yang ada di Kabupaten Klaten, cagar budaya, dan UMKM. Harapan saya bisa mengangkat perekonomian Kabupaten Klaten,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Jawa Tengah Uswatun Hasanah menyampaikan, Pameran Keliling Museum Dolan Klaten mengambil tema bersama museum, menginspirasi masa depanku.

Ia berharap, hadirnya Museum Ranggawarsita dapat menjadi inspirasi untuk menaikkan pamor museum yang ada di Kabupaten Klaten.

“Kami berharap museum ini bisa menjadi salah satu objek, tidak hanya wisata tetapi untuk penggalian karakter di tanah air utamanya di Jawa Tengah dan khususnya di Kabupaten Klaten menjadi sumber belajar dari TK, SD, SMP, SMA/SMK dan ekonomi kreatifnya semakin meningkat,” ungkapnya.

Kepala Museum Ranggawarsita, Djoko Nugroho Witjaksono menuturkan, hadirnya pameran keliling Museum Ranggawarsita ini diharap semakin mengenalkan dan mendekatkan Museum Ranggawarsita, dan enam warisan budaya dunia yang ada di Jawa Tengah untuk masyarakat Klaten.

Ia menyebut enam warisan budaya dunia yang representasinya ada di Jawa Tengah, antara lain Candi Borobudur, Situs Sangiran, Candi Prambanan, Batik, Keris, dan Wayang.

“Kami hadirkan untuk masyarakat Klaten, agar lebih bangga menjadi warga Jawa Tengah,” pungkasnya.

Berita Terkait