Delapan Bacalon Rektor UNS Sampaikan Visi Misi

17 Oktober 2022, 20:40 WIB

Rapat Pleno Terbuka MWA dalam Rangka Penyampaian Visi Misi Bakal Calon Rektor UNS Masa Bakti 2023–2028/humas UNS

SOLO, Hariankota.com – Rapat Pleno Terbuka MWA dalam Rangka Penyampaian Visi Misi Bakal Calon Rektor UNS Masa Bakti 2023–2028 digelar secara Luring di Auditorium GPH Haryo Mataram dan melalui YouTube UNS, Senin (17/10/2022).

Delapan bakal calon Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2023–2028 menyampaikan visi dan misi masing-masing di hadapan seluruh jajaran dan anggota Majelis Wali Amanat (MWA), Panitia Pengawas (Panwas) Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR), Panelis, serta perwakilan sivitas akademika UNS

Kedelapan bakal calon Rektor UNS yang mengikuti menyampaikan visi dan misi yaitu Prof. Dr. Bandi, Prof. Dr. Hartono, Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, Prof. Dr. Reviono, Prof Sajidan , Prof. Samanhudi, serta Prof Venty Suryanti.

Wakil Ketua MWA UNS, Prof. Hasan Fauzi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses penyampaian kunjungan dan misi sesuai dengan Peraturan MWA nomor 8 tahun 2022 tentang Tata Tertib Pemilihan Rektor Masa Bakti 2023–2028 pasal 7 ayat (1).

Dimana visi dan misi tersebut berkaitan dengan paparan calon rektor mengenai rencana penyelenggaraan UNS sebagai world class university dengan berpedoman kepada Peraturan MWA nomor 4 tahun 2022 tentang kebijakan umum UNS 2022–2027. 

“Forum ini menjadi sangat penting karena diharapkan dapat memperoleh informasi yang memadai mengenai visi dan misi para calon rektor yang merupakan kandidat pemimpin UNS untuk masa yang akan datang,” ungkap Prof. Hasan. 

Disampaikan juga perbedaan pendapat dan pandangan termasuk reaksi dalam tahapan pemilihan merupakan sesuatu yang wajar. Untuk itu pihaknya mengajak bakal calon rektor dan seluruh sivitas akademika UNS untuk menegaskan norma-norma hukum dan etik yang berlaku di UNS.

Prosesnya setiap bakal calon rektor diberi waktu maksimal tujuh menit dalam menambahkan visi dan misi sesuai nomor urut pengiriman. 

“Kemudian, setiap bakal calon rektor mendapat pertanyaan dari setiap unsur panelis,” lanjutnya.

Untuk panelis terdiri dari enam unsur. Dua orang perwakilan Senat Akademik (SA) UNS, yakni Prof. Suratno, Prof. Vita Ratri Cahyani. Dua orang perwakilan Dewan Profesor (DP) UNS, yakni Prof. DmSuranto, dan Prof. Wahyudi Sutopo.

Kemudian satu perwakilan dari Pimpinan/Wakil Rektor UNS, yakni Prof. Ahmad Yunus, juga dua orang perwakilan Tenaga Kependidikan UNS, yakni Dra. Mustikawati Endah Setyandari, dan Drs. Rohman Agus Pratomo.

Dua orang perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tingkat universitas, yakni Hilmi Ash Shidiqi dan Muhammad Pasya Falikhur. Dua orang perwakilan masyarakat/tokoh pendidikan, yakni Prof. Zudan Arif Fakhrulloh, dan Prof. Sugiyaryo, SH.

Setelah penyampaikan visi dan misi pada panel 1, tahap selanjutnya MWA UNS akan menetapkan tiga calon Rektor UNS dalam Rapat Pleno MWA pada tanggal 20 Oktober 2022.

“Setelah ditetapkan tiga calon Rektor UNS, para calon Rektor UNS ini diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya dalam panel 2 pada tanggal 27-28 Oktober 2022.

Jika sudah, MWA akan menggelar rapat pleno dengan agenda pemilihan Rektor UNS pada tanggal 11 November 2022.

“Lalu untuk pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih pada tanggal 10-11 April 2023,” pungkas Prof. Hasan.

Berita Terkait