7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut Yang Jarang Diketahui

11 November 2022, 21:07 WIB

JAKARTA, HARIANKOTA.COM – Minyak kemiri sudah dikenal lama digunakan untuk perawatan rambut. Minyak kemiri ini dikenal sebagai kukui nut oil atau candlenut oil ini. 

Ternyata manfaat minyak kemiri untuk rambut ada banyak, dilansir dari berbagi sumber, inilah manfaat minyak kemiri.

1. Mencegah Kerusakan Rambut

Sifat melembapkan asam oleat, linolenat, dan linoleat dalam minyak kemiri bisa membantu menjaga kesehatan folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut). Folikel yang sehat dapat membantu mencegah kerusakan rambut.

Selain melembapkan, asam oleat, linolenat, dan linoleat dapat menutrisi rambut sehingga mencegah kerusakan.

Apabila kamu punya masalah dengan rambut rontok, tidak ada salahnya mencoba minyak kemiri sebagai alternatif untuk mendukung kekuatan rambut. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum pakai herba satu ini, ya!

  1. Melembapkan Rambut dan Kulit Kepala

Menggunakan minyak kemiri secara teratur dipercaya dapat melembapkan rambut dan kulit kepala. Manfaat ini berasal dari kandungan minyak kemiri, yaitu asam oleat, linolenat, dan linoleat.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, cara memakai minyak kemiri bisa dioleskan langsung ke kulit kepala hingga ujung rambut sebelum keramas. Berikan pijatan lembut agar minyak kemiri meresap dengan baik ke kulit kepala. 

Selain itu, minyak kemiri bisa dijadikan masker rambut, sampo, ataupun kondisioner. 

  1. Mencegah Ketombe

Kulit kepala kering adalah salah satu penyebab ketombe. Berdasarkan Botanicals in Dermatology and Skin Health, zat emolien dalam minyak kemiri mampu melapisi kulit dan mengunci kelembapan. 

Pada gilirannya, zat emolien bermanfaat mencegah kulit kepala kering, gatal, dan berketombe. 

4. Membuat Rambut Tampak Hitam

Asam oleat dan linoleat dalam minyak kemiri bermanfaat meningkatkan penampilan dan kilau rambut. Rambut kamu jadi bisa tampak lebih sehat, hitam, dan berkilau.

Agar rambut tampak lebih hitam dan berkilau, gunakan minyak kemiri sebagai kondisioner.

5. Memperbaiki Rambut yang Rusak Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar matahari terus-menerus dapat membuat rambut kering dan kusam. Manfaat minyak kemiri untuk rambut diduga dapat memperbaiki rambut yang rusak akibat paparan sinar matahari. 

6. Berguna untuk Orang dengan Psoriasis

Psoriasis ditandai dengan kulit gatal, bersisik, dan kering. Masalah ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. 

Kulit kepala gatal dan kering menyebabkan orang dengan psoriasis rentan mengalami kerontokan rambut. Sifat melembapkan minyak kemiri diduga dapat membantu meringankan gejala kulit kepala gatal dan kering akibat psoriasis.

Meski begitu, diperlukan penelitian lanjutan untuk mengonfirmasi khasiat minyak kemiri dalam mengatasi gejala peradangan kulit tersebut. 

7. Aman untuk Kulit Kepala Sensitif

Karena terbuat dari bahan alami, minyak kemiri diyakini aman digunakan untuk semua jenis kulit kepala, termasuk orang dengan kulit kepala sensitif.

Berita Terkait